Alhamdulilah! Seluruh Anak Passandeq Terima Beasiswa

Ilu
Sandeq Heritage Festival 2024 di Ikuti 63 Sandeq. Foto: Ist

MAMUJU - Dalam ajang Sandeq Heritage Festival 2024, Ketua Panitia Mitthar mengungkapkan bahwa para Passandeq peserta festival tahun ini akan menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sulbar. 

Selain uang saku, Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar memberikan bantuan pendidikan kepada anak-anak passandeq hingga tingkat SMA.

Menurut Mitthar, yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulbar, bantuan pendidikan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap passandeq dan bertujuan mengatasi masalah anak putus sekolah di Sulbar.

"Anak passandeq kita berikan bantuan pendidikan," kata seperti keterangannya, Selasa (17/9/2024).

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada sponsor dan kepala sekolah se-Sulbar yang mendukung festival ini.

Festival tahun ini menampilkan 63 perahu sandeq, masing-masing dikendalikan oleh delapan orang dan dikawal oleh perahu pattonda dari etape ke etape. Perahu-perahu ini memulai perjalanan dari Pantai Tanjung Silopo pada 16 September dan akan menuju Pamboang, Palipi, Deking, dengan rencana tiba di Mamuju pada 20 September 2024. Etape terakhir adalah mengelilingi Pulau Karampuang.

Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, perahu sandeq dengan ukuran kecil sangat rentan diterpa ombak, sehingga untuk mengarungi lautan mesti dikendalikan oleh orang-orang yang memiliki nyali, semangat dan keberanian yang kuat. 

Untuk itu, pada momen Sandeq Heritage Festival 2024 dalam rangka HUT ke 20 Provinsi Sulbar, PJ Bahtiar mengapresiasi keterlibatan passandeq, dan menurutnya passandeq menjadi bagian penting berperan dalam melestarikan budaya di tanah Mandar.

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network