Kunjungi Desa Pammulukang Mamuju, Pj Bahtiar Bantu Bibit Ikan Nila

Ilu
Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin saat melepas bibit ikan nila. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Pj Gubernur Sulawesi Barat Bahtiar Baharuddin melakukan kunjungan di Desa Pammulukang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Rabu (23/10/2024).

Akbar, salah seorang pemuda Pammulukang mengatakan, kehadiran Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin diharapkan dapat menjadi pendorong bagi peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

"Ini adalah upaya kami sebagai pemuda Pammulukang dalam penyambung lidah rakyat yang selama ini. Semoga bisa bermanfaat terus menerus," ungkap Akbar.

Namun, Akbar juga mengungkapkan keterbatasan yang mereka hadapi dan menyatakan perlunya kerjasama dari pemerintah untuk mengubah kondisi kampung ini.

"Saya sendiri sedikit kaget melihat Pj Gubernur yang begitu memahami kondisi Sulbar, ini belum tentu warga Sulbar. Saya menganggap Desa Pammulukang ini sangat punya potensi dalam mengaplikasikan program Pj Gubernur disektor lingkungan dan pertanian," ungkapnya.

Sedangkan, Pjs Kepala Desa Pamulukang, Abdul Rasyid, menambahkan bahwa mayoritas warga desa adalah petani durian, jagung, dan coklat. Pendapatan per kapita di desa ini masih tergolong 30 persen di ekonomi menengah ke bawah

"Adapun kondisi wilayah rawan bencana beberapa waktu lalu ada beberapa rumah hanyut saat bencana banjir. Sebagai laporan menjadi akses komunikasi karena terbatas. Kami sangat kesusahan untuk akses komunikasi, meskpiun kami di desa menyiapkan HT untuk berkomunikasi tapi ini masih kurang maksimal," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin menjelaskan bahwa masalah yang dihadapi daerah serupa di seluruh Indonesia, khususnya dalam sektor pertanian dan pendidikan.

"Belum ada konsistensi dimana masih tergantung pada alam. Paling mendasar saja kebutuhan masyarakat. Tugas kita pemerintah membimbang warga agar terpenuhi kebutuhannya," imbuhnya.

Inilah yang dilakukan saat ini memberikan perubahan dan mempertajam program Pemerintah pusat sampai ke daerah.

"Saya jarang di kantor, saya berkunjung ke kebun warga, melihat pertanian masyarakat dan diskusikan dari mulai menanam sampai menghasilkan. Makanya kita siapkan juga berbagai bibit," ucapnya.

Bantuan bibit diberikan terlebih dahulu agar kedepan bisa mandiri dan menghasilkan produksi lebih banyak lagi.

"Kita berikan bibit ikan nila, bibit berbagai pohon. Kedepan masyarakat bisa menghasilkan produksi pertaniannya lebih banyak lagi," pungkasnya.

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network