get app
inews
Aa Read Next : Danrem 142 Tatag Pantau Wilayah Karhutlah di Mamasa

Danrem 142/Tatag Hadiri Penanaman Mangrove Nasional Serentak di Mako Lanal Mamuju

Senin, 15 Mei 2023 | 21:03 WIB
header img
Penanaman Mangrove Nasional Serentak. Foto: Istimewa

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Farouk Pakar bersama Forkopimda Sulawesi Barat, melaksanakan Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak bertempat di Mako Lanal Mamuju Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro. Senin (15/5/2023). 

Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia dan dibuka langsung secara virtual oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo. di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara. 

Penanaman Mangrove di Makolanal Mamuju melibatkan seluruh komponen TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Pelajar Pramuka SWK Kodim 1418/Mamuju Kelompok Pecinta Alam Mamuju, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda).

Pada kesempatan itu Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Farouk Pakar mengatakan, bahwa kerusakan yang cukup signifikan terhadap area pesisir adalah terjadinya abrasi pantai yang menyebabkan mundurnya garis pantai, sehingga perlu upaya pencegahan dengan membuat tanggul hidup berupa tanaman Mangrove.

"Tanaman Mangrove memiliki aneka manfaat dan memiliki peran yang amat krusial bagi berkelanjutan lingkungan, selain menstabilkan garis pantai, sistim akar Mangrove membuat hutan ini menarik bagi ikan dan organisme lain untuk mencari makan dan berkembang biak, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," papar Danrem.

Danrem berharap, penanaman mangrove ini bukan sebatas seremoni saja, melainkan upaya bersama menjaga kelestarian lingkungan, sebagai bentuk tanggung jawab bersama untuk bertekad menjaga kelestarian daerah pantai.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut