get app
inews
Aa Read Next : Temui Pj Bupati Mamasa, Kepala BNNP Sulbar Brigjen Pol Jemmy Minta Dukungan Soal P4GN

Seleksi Lelang Jabatan di Pemkab Mamasa, LSM LIRA Minta Bupati Harus Bijak Menentukan

Rabu, 23 Agustus 2023 | 13:35 WIB
header img
Sekertaris Daerah Lira Mamasa Marthen Ma'dika. Foto: iNewsMamuju.id/Jupran

MAMASA, iNewsMamuju.id -- Panitia seleksi jabatan tinggi pratama lingkup Pemerintah Kabupaten Mamasa, telah menetapkan nama yang masuk tiga besar. 

Tiga nama ini ditetapkan berdasarkan hasil seleksi yang meliputi seleksi administrasi, penelusuran rekam jejak, assessment, penulisan makalah dan wawancara. 

Seperti diketahui, ada sebanyak tujuh jabatan tinggi pratama di Kabupaten Mamasa yang tengah dilakukan seleksi karena mengalami kekosongan. 

Adapun tujuh jabatan yang dimaksud yakni Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. 

Selain itu, juga ada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, dan yang terakhir adalah Kepala Dinas Kesehatan. 

Terkait seleksi jabatan tinggi pratama ini, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA), turut beri masukan. 

Sekretaris Daerah LIRA Mamasa, Marthen Ma'dika mengatakan, mengenai penentuan calon pejabat tinggi pratama yang sudah memasuki tahap tiga besar, agar Bupati Mamasa, H. Ramlan Badawi menempatkan orang yang punya profesional dan punya kompeten di bidang masing-masing. 

Marthen menyarankan agar nantinya yang menjadi kepala dinas, betula figur yang punya rekam jejak yang baik. 

"Bupati harus bijak menentukan mana yang profesional, dan yang terpenting adalah jangan tempatkan figur yang punya rekam jejak buruk," ujar Marthen Ma'dika, dikonfirmasi di salah satu warung kopi, Rabu (23/8/2023).

Lebih lanjut Marthen berpendapat, untuk seleksi jabatan Kepala Dinas PU, Bupati Mamasa mesti cermat. 

Sebab menurutnya, pada seleksi kepala dinas PU, ada beberapa peserta seleksi yang punya rekam jejak buruk. 

"Perlu juga bupati mengetahui jangan sampai ada orang yang tengah dikejar aparat penegak hukum yang ditunjuk menjadi kepala dinas, ini tentu merusak citra Pemda," pesannya. 

Karenanya, Marthen menegaskan mendukung Alexander sebagai kepala dinas PUPR, sebab dianggap tidak miliki rekam jejak yang buruk. 

"Pak Alex ini, meskipun tidak begitu dekat dengan penguasa hari ini, tetapi punya rekam jejak yang baik dan saya yakin figur ini punya kemampuan di bidang ini," ucapnya. 

Seperti diketahui, berdasarkan hasil seleksi jabatan tinggi pratama pada Dinas PUPR, ada tiga nama yang keluar jadi tiga besar yakni Oktavianus Masuang, Tonglo dan yang terakhir Alexander. 

Satu dari tiga nama ini nantinya aka  dipilih menjadi Kepala Dinas pada Dinas PUPR Mamasa.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut