get app
inews
Aa Read Next : Akhir Masa Jabatan, Prof Zudan Terima Bantuan Ribu Hektare Bibit dari Mentan RI untuk Sulbar

Amran Sulaiman Resmi Dilantik Presiden Jokowi Jadi Menteri Pertanian

Rabu, 25 Oktober 2023 | 09:48 WIB
header img
Presiden Jokowi melantik Amran Sulaiman jadi Menteri Pertanian. Foto: Raka Dwi Novianto

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengukuhkan Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan) di Istana Negara pada hari Rabu, 25 Oktober 2023. 

Amran menggantikan posisi Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri akibat tersangkut dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 101P Tahun 2023 tentang Penunjukan Menteri Pertanian dalam Kabinet Indonesia Maju untuk Periode Tahun 2019-2024.

Upacara pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian Keputusan Presiden tentang penunjukan Mentan dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden. Presiden Jokowi kemudian memimpin sumpah yang diucapkan oleh Amran.

Amran bersumpah, "Demi Allah saya bersumpah akan setia pada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya demi pengabdian saya kepada bangsa dan negara." Ucapannya mengikuti sumpah yang dibacakan oleh Jokowi dalam tayangan virtual.

Selanjutnya, Amran menegaskan, "Saya akan menjalankan tugas dan tanggung jawab ini dengan penuh integritas dan etika jabatan yang tinggi."

Setelah sumpah dan pernyataan tersebut, Amran dan Presiden Jokowi bersama-sama menandatangani berita acara pelantikan.
 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut