get app
inews
Aa Read Next : Sofha Bahtiar Tinjau Pilot Project di Mamasa, Fokus pada Literasi dan Penanganan Stunting

Shofa Marwah Sebut Kepedulian Keluarga Kunci Cegah Narkoba dan Perdagangan Orang

Sabtu, 14 September 2024 | 13:03 WIB
header img
Pj Ketua TP PKK Sulbar Sofha Marwah Bahtiar. Foto: Ist

MAMASA, iNewsMamuju.id - Pj Ketua TP PKK Sulawesi Barat, Sofha Marwah Bahtiar, bersama pengurus TP-PKK Sulbar, menghadiri sosialisasi tentang pencegahan human trafficking dan pembinaan keluarga bebas narkoba. 

Acara ini digelar oleh Dinas Sosial Sulawesi Barat di Tondok Bakaru, Mamasa. Jumat (9/9/2024).

"Peran dan kepedulian keluarga sangat penting untuk menjaga dan melindungi keluarga kita dari dampak penyalahgunaan narkoba dan Human Traffcking, ( Perdagangan Manusia)," Kata Sofha Marwah Bahtiar  

Sofha menegaskan pentingnya peran keluarga dalam membentengi diri dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Dalam pernyataannya. Dia menjelaskan bahwa dampak buruk narkoba dapat memengaruhi aspek kesehatan, sosial, dan ekonomi secara signifikan.

"Dengan membangun komunikasi terbuka, memberikan pendidikan, menanamkan nilai-nilai positif, memantau aktivitas anak, memberikan dukungan emosional dan melibatkan diri dalam aktifitas positif, keluarga dapat menciptakan lingkungan yang kokoh dan membantu anggotanya untuk mengambil keputusan yang bijak terkait narkoba," jelasnya. 

Sofha Marwah juga mengungkapkan bahwa peran keluarga sangat krusial dalam mengatasi dampak human trafficking atau perdagangan orang. Menurutnya, setiap anggota keluarga harus saling memberikan penguatan dan mewaspadai segala bentuk rayuan atau pengaruh dari pihak luar dengan iming-iming tertentu yang menawarkan pekerjaan atau layanan lainnya. 

"Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya perdagangan orang, yaitu ketidaktahuan masyarakat akan perdagangan manusia, kebanyakan dari mereka menyasar kalangan keluarga miskin,memiliki pendidikan yang rendah dan berpengetahuan terbatas, maka dari ini PKK harus berperan aktif untuk terus mensosialisasikan hal tersebut," ucap Sofha Marwah Bahtiar.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut