get app
inews
Aa Read Next : Kembangkan Durian, Pj Bahtiar Rencanakan Penanaman 5.000 Bibit di Sulbar

Rakor Pilkada, Pj Bahtiar Sebut KPPS Sebagai Pahlawan Demokrasi

Selasa, 17 September 2024 | 15:07 WIB
header img
Pj Gubernur Sulbar usai menghadiri Rakor persiapan pembentukan KPPS. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Pj Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin, menekankan pentingnya peran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam menyukseskan pemilihan umum. 

Pernyataan ini disampaikan usai menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan KPPS untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 di Matos, Mamuju, Selasa (17/9/2024).

Bahtiar menjelaskan bahwa KPPS memiliki peran krusial karena mereka adalah garda terdepan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat. 

KPPS, menurutnya, adalah kunci utama dalam keberhasilan penyelenggaraan pemilu, karena mereka bertanggung jawab atas pelaksanaan pemungutan suara di lapangan.

"Tidak mudah menjadi KPPS, dan mencari orang secara sukarela penuh dedikasi mau menjadi anggota KPPS. Maka bolehlah kita mengatakan pahlawannya pemilu, pahlawannya demokrasi adalah KPPS. Ini pekerjaan rumit, beban tanggung jawab tinggi, memastikan TPS layak," kata Bahtiar. 

Untuk itu dalam proses pendaftaran KPPS Pj Bahtiar memberi keringanan dengan menggratiskan seluruh biaya pendaftaran bagi KPPS. 

Selain itu dalam menjalankan tugas di TPS, Bahtiar juga meminta keterlibatan seluruh unsur untuk memobilisasi masyarakat membangun TPS yang layak. 

"Jadi buat institusi, bersama Pemda kabupaten memastikan ini, harus ada arahan dari kita, membantu menyiapkan TPS TPS yang layak dan memenuhi syarat. Termasuk TPS Khususnya seperti Rutan/Lapas, Rumah Sakit," kata Bahtiar. 

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini juga meminta terbentuknya Satgas Kesehatan. Tujuannya untuk memastikan jaminan kesehatan bagi para penyelenggara.

Sementara itu, Ketua KPU Sulbar, Said Usman mengatakan, rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk melakukan langkah antisipasi hal krusial dalam tahapan Pilkada.

Said Usman menjelaskan, sebelum menuju pemungutan suara 27 November 2024, sejumlah tahapan yang dianggap krusial seperti Penetapan Daftar Pemilih Tetap, ini pening sebab menjadi basis KPU dalam menentukan TPS dan juga menjadi basis untuk pembentukan KPPS. 

Tahapan krusial lainnya, rekapitulasi DPT tingkat provinsi, penetapan pasangan calon, pengundian nomor urut, deklarasi kampanye, termasuk didalamnya penentuan penempatan APK dan pelaksanaan kampanye. 

"Terkait hal ini kami akan banyak berkoordinasi dengan pihak pemerintah provinsi," kata Said. 

Khusus pembentukan KPPS, Said mengatakan, beberapa catatan menjadi hal krusial yang harus diantisipasi KPPS, seperti KPPS Mencoba perubahan hasil, Ada juga sisa surat suara yang tidak tercoblos itu dibagi bagikan oleh KPPS. 

"Olehnya pembentukan KPPS harus betul-betul memperhatikan peraturan perundang-undangan, SDM, termasuk integritas KPPS itu sendiri," ucap Said. 

Ketua KPU Sulbar juga berterima kasih atas atensi PJ Gubernur Sulbar dalam memudahkan proses pendaftaran KPPS. 

"Animo masyarakat mendaftar KPPS masih kurang, kendalanya biaya untuk mendaftar KPPS, mengurus surat keterangan berbadan sehat. Namun melalui gubernur, menyampaikan kepada bupati agar menggratiskan biaya pemeriksaan kesehatan. Ini akan kami sosialisasikan secara masif, agar ini dijalankan pemerintah kabupaten sehingga tidak membebani masyarakat yang ingin terlibat menjadi bagian dari KPPS," kata Said.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut