get app
inews
Aa Read Next : Alhamdulilah! Seluruh Anak Passandeq Terima Beasiswa

Beasiswa untuk Anak Passandeq, Disambut Baik Panitia Sandeq Heritage Festival 2024

Jum'at, 20 September 2024 | 10:20 WIB
header img
Perahu Sandeq di Pantai Arteri Mamuju di finis rute terakhir Sandeq Heritage Festival 2024. Foto: Lukman Rahim

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) berencana memberikan beasiswa bagi anak-anak Passandeq (pengemudi perahu Sandeq). Pemberian beasiswa tersebut mendapat respon positif dari panitia Sandeq Heritage Festival 2024.

Wakil Ketua Panitia Sandeq Heritage Festival 2024, Ridwan Alimuddin mengungkapkan, pemberian beasiswa bagi anak-anak Passandeq merupakan gebrakan yang luar biasa.

"Itu gebrakan luar biasa karena selama ini perahu Sandeq itu adalah duta budaya kita, sudah menjadi warisan nasional," kata Ridwan Alimuddin, Kamis, (19/9/2024). 

Dia mengapresiasi rencana tersebut. Menurutnya, Passandeq berperan penting dalam menjaga kelestarian perahu Sandeq itu sendiri.

"Nah, hendaknya para pewaris itu, dalam hal ini para pelaut yang menjadi Passandeq, mendapat apresiasi yang cukup terasa, khususnya bagi anak-anaknya. Karena ketika dia mendapat beasiswa, dia mendapat manfaat, ternyata gara-gara orang tua saya Passandeq jadi saya mendapat beasiswa dan itu kami sangat mengapresiasi langkah yang ditempuh oleh Pemprov Sulbar dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar, Mithhar menjelaskan, peserta festival itu bakal mendapatkan penghargaan dari panitia berupa uang saku dan beasiswa bagi anak-anaknya hingga SMA. Bantuan itu sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kepada Passandeq dan langkah mengatasi anak putus sekolah di Sulbar. 

"Anak passandeq kita berikan bantuan pendidikan," kata Mithhar yang juga merupakan Ketua Panitia Sandeq Heritage Festival 2024 yang diselenggarakan dalam memperingati hari jadi Sulbar ke 20 tahun.

Diketahui pada penyelenggaraan Sandeq Heritage Festival 2024 telah mempertunjukkan 63 Perahu Sandeq, masing-masing perahu dikendalikan delapan orang dan masing-masing perahu sandeq dikawal perahu pattonda dari etape ke etape. 

Passandeq berangkat dari Pantai Tanjung Silopo, Senin 16 September 2024 dan finish pertama di Pamboang, etape berikutnya Panboang hingga Palipi, Palipi hingga Deking dan Deking hingga Mamuju. Rencananya,.Passandeq akan tiba di Mamuju pada 20 September nanti. Etape terakhir yang akan dilalui adalah mengelilingi pulau Karampuang. 

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut