Jelang Nataru, Mateng Dipastikan Terbebas dari Virus PMK

Ancha
Kepala Bidang (Kabid) Perternakan Dinas Pertanian Mateng Nurwati. Foto: iNewsMamuju.id/ancha

MATENG, iNewsMamuju.id Dinas Pertanian Mateng memastikan sampai saat ini belum menemukan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak warga.

Kepala Bidang (Kabid) Perternakan Dinas Pertanian Mateng Nurwati mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi penyebaran virus PMK dengan melakukan vaksinasi ternak dan pengobatan, apalagi men

"Kami ini sekarang sementara jalan terus melakukan vaksinasi" ujar Nurwati. Kamis (15/12/2022).

Selain proses vaksinasi kata Nurwati, pihaknya juga melakukan desinpektan, desinpeksi kandang dan penyemperotan kandang di setiap kandang pengembala.

"Kita juga biasa lakukan ditempat pengembalan, untuk saat ini Alhamdulillah Mateng belum ada info. Kan biasa itu ada info dari peternak atau kasus ternaknya sakit, tapi sementara ini belum ada," terangnya.

Tak hanya virus PMK, penyakit lain yang disebabkan virus seperti pada hewan ternak lain juga terpantau aman.

"Untuk Babi masih aman juga. Kan yang di serang PMK itu hewan yang berkuku belang seperti Babi, Kambing, Sapi, tapi untuk Mateng masih hijau," sambungnya.

Ia menjelaskan, dalam proses mengantisipasi penyebaran virus PMK di Kabupaten Mateng pihaknya terus melakukan penjagaan disetiap perbatasan.

"Dari bulan Juli kita sudah standby disana, kadang juga kita dibantu oleh pihak Kepolisan. Kadang ada ternak tanpa SKK dan surat surat, kita suruh putar balik dan kita kawal sampai keluar di wilayah Mateng," pungkasnya.

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network