Puncak HKG-PKK ke-52, PKK Sulbar Komitmen Melawan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

Ilu
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat Sofha Marwah Bahtiar. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat (Silbar) melaksanakan acara Puncak Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Provinsi Sulawesi Barat ke 52 Tahun 2024 dirangkaikan dengan pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Provinsi Sulbar, Rabu (23/10/2024). 

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Sofha Marwah Bahtiar menyampaikan tema HKG PKK ke 52 yakni Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju'. Sehingga peringatan HKG PKK membawa membawa semangat dan energi baru pada setiap langkah seluruh kader PKK untuk Bergerak bersama menyukseskan program-program pemerintah. 

Lanjut Sofha Marwah sebagaimana visi PKK yaitu terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur serta sejahtera lahir dan batin, maka diharapkan kader PKK dapat mengembangkan program-program PKK di daerah masing-masing.

"Tim penggerak PKK dapat menjadi motor utama dalam gerakan kader dan menjalin koordinasi serta sinergitas dengan para stakeholder baik dengan pemerintah daerah maupun lembaga non pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ucap Sofha Marwah.  

Sofha Marwah juga menekankan tiga hal penting dijalankan yakni memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Kedua sejalan Permendagri nomor 36 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 tentang gerak PKK sebagai mitra pemerintah melalui Sinergi dengan pemerintah PKK dapat mendukung program-program pemerintah. 

"PKK memiliki peran strategis dalam mendukung program kerja pemerintah, baik gotong royong, pangan, sandang, pendidikan, kesehatan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup. Hal tersebut harus menjadi perhatian dan kepedulian penggerak PKK karena mempunyai dampak langsung terhadap program kerja PKK sehingga perlu menjadi bahan pertimbangan dan rujukan dalam pengelolaan program gerakan PKK," kata Sofha Marwah. 

Selain itu mengintegrasikan program kegiatan PKK ke dalam dokumen perencanaan dan anggaran daerah dalam upaya percepatan pembangunan nasional, termasuk terintegrasi dengan dokumen strategi gerakan PKK seperti berperan aktif dalam berbagai kegiatan dan turut menangani stunting, membentuk rumah panban, mengampanyekan stop boros pangan, melakukan pembinaan terhadap industri rumahan, bekerja sama dengan pihak terkait dalam mencegah KDRT dan melaksanakan program Keluarga Indonesia Sejahtera dan harmonis, keluarga Indonesia standar administrasi kependudukan atau kisah dan keluarga Indonesia sehat dan bebas narkoba. 

Termasuk pemberian bantuan langsung kepada masyarakat melalui gelar produk unggul daerah yang merupakan hasil karya para kader PKK sebagai bentuk pelaksanaan gerak keluarga dan pemenuhan kebutuhan pangan, Peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang rumah tangga dan harmonisasi kehidupan keluarga, keluarga sehat tanggap bencana, keluarga sehat menuju perilaku hidup bersih dan keluarga sehat tanggap dan tanguh bencana peduli kesehatan ibu dan anak. 

"Besar harapan saya agar kita dapat menjawab tantangan dan mewujudkan capaian substansi tugas dan fungsi untuk mencapai misi gerak PKK tahun 2021 2024 yaitu terwujudnya keluarga sehat, cerdas, berdaya, beriman dan bertakwa Menuju Indonesia Maju 2024," tutup Sofha Marwah

Ketua Panitia HKG PKK ke 52 provinsi Sulbar Andi Erika iksan menambahkan, dalam rangka HKG PKK dan BBGRM ink dilaksanakan sejumlah kegiatan, baik monitoring pilot project enam kabupaten, Pameran UMKM, Pemeriksaan kesehatan, lomba spontaitas, lomba menyanyi, lomba defile. Acara malam ramah tamah dan penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba. 

"Terim kasih kepada dukungan Pj gubernur Sulbar sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik, dan terima kasih atas arahan dan petunjuk dan motivasi kepada panitia sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar," tutup Erika.

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network