get app
inews
Aa Read Next : Bupati Kotabaru Kalsel Kunjungi Mamuju, Intip Kesiapan Kerjasama Transportasi Laut

6 Daerah di Kalimantan dan Sulawesi Kerjasama Pemanfaatan Transportasi Laut

Jum'at, 18 November 2022 | 16:31 WIB
header img
Enam kepala daerah melakukan kerjasama pemanfaatan transportasi laut (Doc Ist)

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Enam kepala daerah menandatangani kesepakatan bersama pemanfaatan transportasi laut dalam upaya pengembangan ekonomi antar daerah. Penandatanganan kesepakatan di lakukan di Kotabaru Kalimantan Selatan. Kamis (17/11/2022).

Enam daerah itu Kabupaten Mamuju, Pasangkayu (Sulbar) Kabupaten Kotabaru (Kalsel) Kota Bontang dan Kota Balikpapan (Kaltim) Kabupaten Barru (Sulsel).

Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi mengaku sangat mengapresiasi  kerjasama itu. Menurutnya, memang enam wilayah ini berpisah namun dari aspek history tidak dapat dipisahkan. Diyakini pertalian kekerabatan masyarakatnya masih sangat kental.

"Letak geografis semua daerah hanya terpisah selat Makassar, sehingga dinilai memang sangat penting untuk membangun moda transportasi laut sebagai sarana penyeberangan antar pulau," kata Sutinah 

Transportasi laut itu tidak hanya dapat menjadi penunjang mobilitas masyarakat di dua pulau, namun juga menjadi jalur distribusi barang dalam upaya pengembangan perekonomian tiap daerah.

"Semoga dengan ini kita dapat membangun kerjasama yang sifatnya simbiosis mutualisme, atau saling memberi manfaat, sehingga tujuan utama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat kita wujudkan," jelas.

Surinah menerangkan, tiga daerah di Sulawesi yaitu Mamuju, Barru, dan Pasangkayu adalah daerah penghasil komoditas pertanian dan peternakan yang bisa memenuhi kebutuhan di pulau Kalimantan. 

"Demikian sebaliknya, sejumlah kebutuhan dari Kalimantan juga akan sangat baik jika terdistribusi ke pulau Sulawesi, terang Sutinah.

Editor : Lukman Rahim

Follow Berita iNews Mamuju di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut