get app
inews
Aa Read Next : Dandim dan Kadis Pariwisata Mamuju Bangun Kerjasama Transplantasi Terumbu Karang Pulau Karampuang

6 Destinasi Wisata Pantai di Sulbar Cocok untuk Habiskan Malam Tahun Baru

Senin, 05 Desember 2022 | 09:38 WIB
header img
Pesona Tanjong Buku, Polewali Mandar (Doc Ist)

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Untuk menghabisakan malam tahun baru bersama keluarga dan teman serta rekan kerja merupakan impian sebagian besar orang. Namun sering kali kita masih bingung untuk memilih dan menemukan referensi tempat yang cocok.

Berikut ini tempat wisata di Sulbar dirangkum dari berbagai sumber yang bisa jadi rekomendasi untuk menghabiskan malam pergantian tahun baru:

1. Pantai Tanjong Buku

Destinasi wisata ini hadir dengan konsep desa wisata yang menawarkan beragam paket wisata yang bisa dinikmati bagi wisatawan.

Di desa wisata ini, pengunjung dapat menikmati panorama laut dengan wahana perahu katinting yang disediakan pengelola. Pengunjung juga bisa merasakan secara langsung bagaimana proses nelayan menangkap ikan penja (ikan seribu) dengan memilih paket wisata “a’duwangnge” yang berlangsung sekali sebulan. 

Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan langsung ritual Manre-anre yang dilaksanakan sekali setahun, setelah iduladha di tepi pantai. 

Dan yang tak kalah menarik, pengunjung bisa berbaur dengan penduduk lokal. Sementara di area wisata, terdapat sejumlah fasilitas yang boleh digunakan oleh pengunjung, misalnya, aula pertemuan dan gazebo. Juga tersedia café dan resto bagi pengunjung yang ingin merasakan makanan tradisional Mandar dan Buku, seperti: ikan masak (bau peapi), ikan bandeng bakar, penja tumis, udang tumis, dan sebagainya. 

Tanjong Buku berada di Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polman, butuh sekira 25 menit untuk sampai disana. Menggunakan kendaraan bisa masuk lewat jalan disamping kantor Camat Campalagian.

Masuk di objek wisata Tanjong Buku tidak dikenakan retribusi alias gratis. Namun, pengunjung yang datang dengan kendaraan motor atau mobil akan dikenakan biaya parkiran, sebesar 2000 rupiah untuk motor dan 5000 rupiah untuk mobil. 


2. Pulau Karampuang

Harus diakui bila Pulau Karampuang merupakan salah satu tempat yang sangat indah bagi pecinta alam bawah laut. Pulau yang berada di depan Ibukota Sulawesi Barat ini memiliki keindahan alam bawah laut
dengan keanekaragaman terumbu karang.

Pulau yang dalam arti Rembulan ini juga memiliki obyek wisata yang indah dari semua sisi. 

Untuk sampai ditempat ini Anda bisa menyewa kapal atau perahu yang mudah ditemukan di Pelabuhan
Pelelangan Ikan Mamuju. Membutuhkan waktu sekira 15 sampai 20 menit untuk sampai disana.


3. Pantai Dato

Pantai Dato merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat digemari oleh masyarakat di Majene,
Sulawesi Barat (Sulbar). Perairan lepas pantainya pun relatif tenang. Dengan semua kelebihan yang dimiliki, pantai ini cocok untuk segala jenis wisata pantai, seperti bermain pasir, memancing, hingga berenang.

Pantai yang dikenal dengan pemandangan khas pasir putih dan tebing karang itu terletak di Lingkungan Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur.

Kawasan pantai Dato’ dibuka sejak 1998. Sejak saat itu pula pemerintah setempat terus berupaya membenahi tempat wisata ini untuk menambah ciamik panorama alamnya. 

Untuk mencapai Pantai Dato’ pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan waktu tempuh sekitar 10 menit atau 7 kilometer dari pusat keramaian Kabupaten Majene. 


4. Pantai Koa-koa

Kabupaten Pasangkayu ternyata banyak menyimpan obyek wisata yang tak kalah indah. Salah satunya pantai koa – koa yang berada di Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat.

Hanya butuh waktu sekira 15 menit dari pusat pemerintahan Kabupaten Pasangkayu. Disana, pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putih dengan kesejukan alam yang masih terjaga.

Pantai Koa-koa dengan air laut yang jernih dengan keindahan bawah laut sangat cocok bagi Anda yang hobby Snorkeling atau Diving.


5. Pantai Benci

Pantai Beringin Cinta atau lebih dikenal dengan Pantai Benci, terletak di Dusun Toangsang Desa Bonda' Kecamatan Papalang, Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. 

Pantai Benci menyajikan pesona alam yang begitu indah sangat cocok jadi tempat menghabiskan malam tahun baru. Di pantai tersebut terdapat pohon beringin yang bisa menjadi spot instagramable yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto bareng keluarga.

Di Pantai Benci juga tersedia jajanan kuliner khas Sulawesi Barat serta sarana publik seperti gasebo, dapat di gunakan untuk bersantai dan beristrahat.

Untuk sampai di Pantai Benci pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda 2 ataupun roda 4 dengan jarak waktu yang dibutuhkan kurang lebih 60 menit dari Kota Mamuju.


6. Pantai Batu Lombeng 

Pantai Batu Lombeng di Dusun Ngatang Poang, Desa Lebani, Kecamatan Tappalang Barat, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat ini menawarkan pasir putih dengan kesejukan rimbunnya pepohan mogreove.

Ketika memasuki tempat ini Anda seakan berada di pulau lain lantaran bentuknya yang melingkar sekira 50 meter persegi condong ke laut lepas cocok untuk menikmati sunset.

Rimbunnya pepohonan membuat sejuk sangat cocok untuk mendirikan tenda bersama keluarga. Rimbun pepohonan pun cocok untuk kamu yang ingin menggantung hammock kalah senja.

Disisi utara pantai berpasir putih ini ada goa dengan tinggi sekira dua meter yang tembus ke arah hutan mongrove.

Destinasi itu nantinya bakal dilaunching resmi pada malam tahun baru ini. bagi Anda yang ingin berkunjung pantai Batu Lombeng dengan waktu tempuh, 30-45 menit dengan jalur darat melalui pesisir Mamuju hingga Sumare dengan akses yang cukup mudah dijangkau.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut