get app
inews
Aa Read Next : Vonis Bebas Terdakwa Kasus Persetubuhan Anak, Ini Kata Kasi Humas Polresta Mamuju

37 Rumah Rusak dan 76 KK Terdampak Gelombang Tinggi di Tapalang

Minggu, 25 Desember 2022 | 09:01 WIB
header img
Rumah Rusak Akibat Gelombang Tinggi. Foto: Busriadi

MAMUJU, iNewsMamuju.id -- Pesisir Wilayah Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju juga mengalami dampak parah akibat gelombang tinggi yang menerjang pesisir Pantai Sulawesi Barat, Jumat 23 Desember 2022.

Data pertanggal 25 Desember yang disampaikan Camat Tapalang Syawal Muttalib, ada 2 desa dan 2 kelurahan yang mengalami dampak gelombang tinggi. Desa Tampalang, Desa Taan, Kelurahan Dayanginna dan Kelurahan Kasambang. Jika ditotal, sebanyak 37 rumah mengalami kerusakan. Mulai rumah rusak berat, sedang maupun ringan. 

Selain rumah, adapula fasilitas umum yang mengalami kerusakan. Sepeeti rabat beton dan tanggul penahan ombak.

Camat Tapalang menyampaikan, untuk tindakan darurat pihaknya telah menyalurkan makanan siap saji, selimut, tikar, sandang dan beberapa logistik lainnya. 

"Untuk rekonstruksi dan rehabilitasi Tim Assesor BPBD k
Kabupaten Mamuju telah melakukan Assessment pada sejumlah rumah warga yang rusak dan fasilitas umum berupa kerusakan tanggul dan jalan rabat beton," kata Syawal kepada iNewsMamuju.id.

Katanya, beberapa rumah warga yang rusak dan berada di kawasan bibir pantai diharapkan kepada warga untuk mengupayakan pemindahan lokasi rumah mereka jika suatu saat mendapatkan rezeki pembangunan ulang. Karena kawasan perumahan mereka memang rentan abrasi. Diharapkan pula agar dalam beberapa hari ke depan untuk tetap waspada mengingat prediksi BMKG bahwa cuaca ekstrim kemungkinan masih akan berlanjut hingga tanggal 29 Desember 2022.

Ia menambahkan pada hari Jumat sekitar pukul 18.30 Wita  sekitar 20 KK yang meninggalkan rumah dan mengungsi ke beberapa titik yakni Bukit Marasaile, Lods Pasar Taan.

"Dan ada juga yang menumpang ke rumah keluarganya yang lebih aman," ucapnya.

Berikut rincian Data Korban Abrasi dan Gelombang Pasang di Kecamatan Tapalang.

Rumah Warga di Desa Tampalang Keluarga terdampak 12 KK, Rusak Sedang 5 unit, Rusak Ringan 7 unit. Sementata di Desa Taan Keluarga terdampak 64 KK, Rusak Berat 16 unit, Rusak Sedang 3 unit, Rusak Ringan  4 unit dan Rumah Terendam  41 unit.

Sementara di Kel. Dayanginna Rumah Rusak Ringan  2 unit. Sedangkan untuk fasilitas umum di Desa Tampalang Tanggul Pengaman Pantai 6 meter, Kel. Kasambang Tanggul pengaman pantai 70 meter dan Jalan Rabat beton 150 Meter.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Berita iNews Mamuju di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut