get app
inews
Aa Read Next : AIM-Asanuddin Resmi Daftar Cagub dan Cawagub di KPU Sulbar

Update Penyerahan Syarat Dukungan: 13 Berkas Bacalon DPD RI Sulbar Dinyatakan Lengkap

Rabu, 28 Desember 2022 | 19:51 WIB
header img
KPU Sulbar telah menerima secara resmi penyerahan dukungan 13 Bacalon DPD RI Sulbar. Foto: iNewsMamuju.id/Adriansyah

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Hari ke 13 penyerahan dukungan bacalon senator DPD RI Dapil Sulbar bertambah. Terpantau hingga hari ini Rabu (28/12/2022) sebanyak tujuh orang bacalon DPD mendatangi kantor KPU Sulbar menyerahkan  berkas dukungan jalur perseorangan. 
 
Sejak dibuka pagi tadi jam 8.00 wita, Husain Haenur menjadi bacalon DPD pertama mendatangi kantor penyelenggara pemilu, disusul Almalik Pababari pada jam 9.35. Selang satu jam kemudian Samuel Linggi Topayung jam 10.50 tiba di KPU Sulbar, selanjutnya Sukardi M Nur pada jam 11.12 siang, Jufri  Mahmud 11.17, Andri Prayoga Singkarru pukul 14.14 dan terakhir Harun pukul 15.40 sore.

Berkas dukungan masing-masing dinyatakan lengkap dan telah sesuai aplikasi silon. Dari data dukungan masing-masing  bacalon yang menyerahkan itu tercatat Husain Haenur sebanyak 1.418 dukungan, Almalik Pababari 1.428, Samuel Linggi Topayung  1.984, Sukardi M Nur 1.341, Jufri Mahmud 1.444, Andri Prayoga Singkarru 2.104 dan Harun 1.197. 

Sebelumnya KPU Sulbar menyatakan hanya ada enam orang yang menyerahkan dukungan secara resmi. Ditambah dengan hari ini, bacalon yang dinyatakan lengkap sebanyak tujuh orang. Dengan begitu ada 13 orang yang telah dinyatakan resmi mencapai target yang diharuskan KPU minimal 1.000 dukungan. 

Pada Selasa kemarin, KPU Sulbar menyebutkan nama-nama telah dinyatakan lengkap antara lain, Leonar Bongga, Iskandar Muda Baharuddin Lopa, Hamzah Sunuba, Bastian Basri, Hatta Kainang dan Amir Hamzah. 

KPU Sulbar kerap memberi atensi kepada Bacalon DPD lebih dahulu melakukan konsultasi. Hal ini untuk memastikan kondisi data para Bacalon lengkap atau tidak. 

"Berhubung besok hari terakhir, utamanya Liaison Officer (LO) jika ingin menyelesaikan secepatnya agar prosesnya lebih lancar karena kan menggunkan aplikasi silon, dan sejauh ini berlangsung lancar, kami mengimbau untuk melakukan komunikasi," jelas Farhanuddin Komisioner KPU Sulbar

KPU Sulbar menyampaikan soal kendala yang dihadapi para Liaison LO atau admin bacalon terus melakukan komunikasi bersama pihak admin KPU Sulbar agar tidak menghambat proses impor data ke aplikasi silon. 

"Insha Allah besok itu pelayanan dibuka sampai pukul 23.59 wita, saat ini kan 28 orang yang sudah mengajukan akses ke silon untuk mengajukan dukungan minimal pemilih, 13 diantaranya sudah menyerahkan dan dinyatakan lengkap," tutupnya.
 

Editor : Adriansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut