get app
inews
Aa Read Next : Suraidah Apresiasi Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis untuk Pelajar di 2 Sekolah

5 Makanan Khas Sulbar, Bahan Utamanya Mudah Didapat

Rabu, 25 Januari 2023 | 11:39 WIB
header img
Kue Bikang. Foto: Nayla Azwar

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Makanan khas di setiap daerah selalu menarik untuk di kulik. Membahas makanan yang memiliki cita rasa yang unik. Cita rasa inilah yang membedakan hidangan tradisional antara daerah satu dengan daerah lainnya. Salah satunya makanan khas Sulbar.

Hidangan tradisional di Indonesia yang mampu memanjakan lidah penikmat makanan adalah Makanan khas Sulbar. 

Dilihat sekilas, makanan khas Sulbar mirip-mirip dengan makanan di daerah lain. Namun, jika sudah mencicipi makanan khas Sulbar ini, penikmat akan menemukan perbedaannya, baik dari segi rasa, bentuk, bahan, hingga cara pengolahan. 

Untuk membuat makanan khas Sulbar ini, bahan dasar utama yang digunakan mudah didapatkan, biasanya menggunakan beras, pisang, sagu, dan umbi-umbian. Bahan inilah yang diolah menjadi beraneka macam bahan, hingga menciptakan suatu makanan yang memiliki cita rasa unik dan tentu enak. 

Dihimpun dari berbagai sumber, ini beberapa makanan khas Sulbar yang wajib di coba, antara lain : 

1. Jepa

Jepa merupakan makanan khas yang sangat dikenal masyarakat secara umum di Sulbar. Jepa yang memiliki bentuk lingkaran dengan lembaran yang tipis merupakan makanan khas yang berasal dari suku Mandar. 

Jepa sering dimakan oleh pelaut suku Mandar, hal ini dikarenakan Jepa cukup tahan lama dan tidak mudah basi. Jepa juga cukup mudah untuk dibawa saat sedang melaut. 

Jepa bahan utamannya adalah singkong atau ubi kayu yang diberi parutan kelapa. Biasanya, Jepa disajikan dengan jenis olahan makanan lain seperti ikan bakar, ikan tuing-tuing, ataupun cumi. 

2. Golla Kambu

Golla Kambu makanan khas yang juga banyak diminati oleh masyarakat. Makanan yang memiliki cita rasa yang manis, makanan ini kerap disajikan sebagai menu pelengkap saat berbuka puasa. 

Makanan ini cukup diminati karena perpaduan cita rasa yang gurih dan manis yang bercampur jadi satu di mulut. 

Golla Kambu sendiri terbuat dari ketan kelapa, kelapa muda parut, dan kacang tanah yang disangrai dengan gula merah. 

3. Sambusa

Sambusa memiliki bentuk segitiga. Dilihat dari bentuk, secara sekilas maka sambusa mirip dengan makanan khas India dan Pakistan yaitu Samosa. Namun, perbedaan kedua makanan ini terletak pada isiannya. 

Sambusa berisi daging ikan tuna yang telah dihaluskan, daun bawang, seledri, merica, bawang putih, dan bawang merah. Jika samosa pada umumnya berisi kentang rebus, sayuran, dan rempah-rempah. 

4. Kue Bikang

Kue Bikang banyak dijumpai di Kabupaten Mamuju, Majene, dan Polewali Mandar. Sekilas, Kue Bikang ini mirip serabi. Namun, perbedaannya terletak di tampilan Kue Bikang yang lebih besar dan lebih tipis. 

Kue Bikang memiliki rasa yang manis dan lumer saat di mulut. Kue Bikang sendiri terbuat dari campuran tepung berasa dan santan kelapa. 

5. Loka Sattai

Loka Sattai biasanya masyarakat Sulbar menghidangkannya dengan dipadukan ikan kering toppa dan sambal terasi. 

Dari sisi kata, Loka Sattai berasal dari dua kata yaitu “Loka” yang memiliki arti pisang dan “Sattai” yang memiliki arti santan. Penamaan makanan ini karena Loka Sattai memiliki bahan utama pisang kepok yang masing muda. Kemudian pisang tersebut dimasak dengan diberisi sedikit campuran garam dan santan yang berasal dari kelapa tua.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut