get app
inews
Aa Read Next : Cerita Owner Izdihaar Meubel Membangun Usaha Furniture di Mamuju

Sutinah Ingin Mamuju Jadi Kota Layak Anak

Selasa, 23 Mei 2023 | 16:07 WIB
header img
Pemkab Mamuju Hadiri Virtual Bahas Kota Layak Anak. Foto: Humas

MAMUJU, iNewsMamuju.id -- Pemerintah Kabupaten Mamuju berkeinginan menjadikan Kabupaten Mamuju menjadi kota Layak Anak.

Demikian disampaikan Bupati Mamuju Hj Sitti Sutinah Suhardi saat menghadiri mengikuti acara Hybrid Kota Layak Anak, diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. 

Sutinah menyebutkan, tahun 2023 adalah tahun ketiga Kabupaten Mamuju mengikuti evaluasi Kabupaten Kota Layak Anak. Hal ini menjadi bukti bahwa kami masih terus berbenah dengan semangat yang tinggi demi mewujudkan daerah ramah dan mampu memenuhi hak-hak anak yang tertuang dalam Konstitusi Negara UUD 1945. 

"Kami mengakomodir hal ini lewat Visi Mamuju Keren, yakni menjadikan Mamuju sebagai kabupaten yang kreatif, edukatif, ramah, energik dan nyaman," kata Sutinah, Selasa (23/5/2023).

Sutinah menyebutkan, Kabupaten Mamuju yang terdiri dari 11 kecamatan, 88 desa dan 13 kelurahan akan menjadi rumah besar yang ramah kepada semua.

"Segmentasi sasaran pembanguan, termasuk kepada anak-anak sebagai generasi emas penerus bangsa,"Ujar Sutinah. 

Bupati Mamuju juga mengakui bahwa pembentukan generasi emas ini tidak akan bisa dilakukan secara instan, sebab membutuhkan kesiapan sarana prasarana serta dukungan kebijakan publik. 

"Kami akan terus mendorong partisipasi dan dukungan dari semua stakeholders terkait, serta merumuskan berbagai regulasi yang dapat menunjang pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Mamuju," Ucapnya. 

Sutinah menambahkan, Saat ini Pemerintah Kabupaten Mamuju  telah mendorong beberapa regulasi kebijakan ke DPRD untuk dibahas dan disahkan, salah satunya adalah Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, begitu juga Ranperda tentang Kabupaten Layak Anak, Ranperda Perlindungan Anak, juga Pengarusutamaan Gender.

"Saya berharap kebijakan yang telah dikeluarkan dapat menjadi acuan bagi segenap lembaga dalam melaksakan pembangunan yang responsif terhadap pemenuhan hak anak," Harap Sutinah. 

Terpisah,  Ketua Gugus Kota Layak Anak sendiri, Budianto Muin, mengungkapkan rasa optimis nya perihal acara Verifikasi Lapangan Hybrid hari ini. 

"Kita optimis, tahun ini Mamuju Kota Layak Anak akan mampu kita wujudkan," Tutupnya.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut