get app
inews
Aa Read Next : Lokakarya 7, Asmuddin : Jangan Hanya Dijadikan Euforia

Guru Penggerak Harus Berbagi Praktik Baik  ke Rekan Sejawat

Minggu, 17 September 2023 | 11:44 WIB
header img
Lokakarya Pendampingan Calon Guru Penggerak Kabupaten Majene. Foto: iNewsMamuju.id/Busriadi

MAJENE, iNewsMamuju.id -- Lokakarya Pendampingan 1 Calon Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Majene digelar di Aula Kantor Bupati Majene, Provinsi Sulawesi Barat, Sabtu 16 September 2023. 

Abd. Rahman Koordinator Pengawas Kabupaten Majene, ketika memberikan penguatan Lokakarya Pendampingan 1 CGP Angkatan 9 Kabupaten Majene menyampaikan, jika merefleksi program-program  yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek Ini sungguh bannyak. Dimulai dari Guru Penggerak, Merdeka Belajar. 

“Ini kan lebiah awal guru penggerak dibanding merdeka belajar,” ucapnya diawal penguatannya.

Ia menyampaikan, jika melihat Guru Penggerak di Kabupaten Majene “Alahamdulillah sudah sangat bagus sekali. Sudah saangat luar biasa sekali. Awalnya dulu hanya 1,2 lambat laun Alhamdulillah," Ujarnya.

Meskipun demikian dalam hitungan angka, dalam dari data yang ada ang miliki baik jenjang TK, SD, SMP hingga tingkat SMA itu belum memenuhi kouta yang naninya mengisi di jabatan-jabatan sesuai dengan peruntukannya.

“Saya berikan contoh, sekarang ini kita pengawas di semua jenjang mulai pengawas T, SD, SMP sangat minim sekali. Persyaratan yang terakhir yang tidak boleh tidak dipenuhi adalah harus dari guru penggerak. Karena stok kita Cawas sekarang tidak ada. Jadi syaratnya adalah harus dari guru penggerak. Nah,data kemarin uji komptensi ukom pengawas tingka TK, SD, SMP ada 10 orang. SD hanya 1. Padahal pengawas  sekarang kekurangan sekali di setiap kecamatan. TK hanya 1.Kalau SMP ya lumayan,” jelas Rahman.

Sehingga, ke depan pihaknya akan mendorong teman-teman khusus dari TK-SD.  “Cobalah apa yang kita dapatkan ini bagaimana pengtehuan, trik anda yang kita dapatkan ini pendidikan guru penggerak, kita bisa mendaftar diguru penggerak, ilmu yang kita dapatkan cobalah berbagai ke sessama guru yang lain. Praktik baiklah ke sesama teman.  INi harapan kita,” pintanya.

Seluruh pengawas sekolah berharap, lanjut Rahman, ibu/bapak guru selama kegiatan 6 bulan ke depan agar saling berkolaborasi dengan pendampingnya. Karena Pengajar Praktik (PP) yang hadir saat ini semuanya berasal dari guru penggerak. 

“Tentunya kita berharap teman-teman yang ikut ini tolong dimaksimalkan mengkuti kegiatan ini. Dan ini bukan hanya untuk pribadi anda bapak ibu sekalian. Ini untuk bangsa dan negara, dan agama kita,” pungkas Rahman.

Kegiatan ini dihadiri Pihak BGP Subar, Pihak Dikpora Majene, Pengawas, dan para kepala sekolah, Pengajar Praktek : Saharuddin, Jamaluddin, Hasni,  Nurdina, serta seluruh CGP Angkatan 9 Kabupaten Majene.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut