get app
inews
Aa Read Next : Tiga Tersangka Ilegal Fishing Terancam Penjara 20 Tahun, Polda Sulbar Amankan 88 Bahan Peledak

Polda Sulbar Gelar Forum Diskusi Publik Angkat Tema Kearifan Lokal

Selasa, 24 Oktober 2023 | 16:44 WIB
header img
Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar Saat membuka Forum Diskusi Publik. Foto: iNewsMamuju.id/Fathir

MAMUJU, iNewsMamuju.id  -- Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Barat menggelar forum diskusi publik dengan mengangkat tema "Strategi Penyusunan Standar Pelayanan Prima Yang Berbasis Kearifan Lokal Guna Terwujudnya Pelayanan Publik di Jajaran Polda Sulbar Prediktif, Responsibilitas, Transparan dan Keadilan" tahun 2023.

Kegiatan yang digelar di Aula Polda Marannu ini juga dihadiri Para Pejabat Utama Polda Sulbar, Wakapolres Jajaran Polda Sulbar, Para Kasat Jajaran Polda Sulbar dan sejumlah tamu undangan lainya. Selasa 24 Oktober 2023.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Analis Kebijakan Menpan RB Fedriyano Gazza Ramdha, Wakapolresta Mamuju AKBP Arianto, Subki Kabag Tata Laksana dan Pelayanan Biro Organisasi Setda Pemprov Sulbar, Irfan Gunadi Kepala keasistenan Pencegahan Ombudsman perwakilan Sulbar, dan Penanggung jawab redaksi iNews.id Mamuju Andi Rudi Fathir.

Kapolda Sulbar dalam sambutanya mengatakan,  forum diskusi pblik merupakan kegiatan dialog pertukaran opini secara partisipatif antara penyelenggara layanan publik dengan publik dalam rangka transparansi dan efektifitas untuk meningktkan kualitas penyelenggara pelayanan publik sebagai tujuan dari reformasi nasional

"Kegiatan ini sebagai wujud pelayanan yang prima, cepat, muda, terjangkau, transpara, profesional dan berkeadilan merupakan keniscayaan dan kebutuhan dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 serta mensukseskan pemuihan ekonomi nasional dan masing-masing unit wajib memenuhi 14 komponen tersebut sehingga tercipta pelayanan prima yang di harapkan oleh masyarakat terhadap polri," Ujar Kapolda.

Lanjut dikatakan, Kapolda, Pelayanan prima juga merespon dari arapan masyarakat terhadap negara dalam menyelenggarakan pelayanan pemeritah. Oleh Karen it Pelayan pblik merupakan wajah konkret dari kehadiran negara dalam kehidupan masyaraat sehari-hari dan negara disebutkan hadir jika mampun menyelenggarakan pelayanan publik yang prima, cepat, profesional dan berkeadilan.

"Sejalan dengan perintah bapak presiden tersebut maka bapak Kapolri menginstruksikan kepada jajarannya bahwa pelayanan publik tidak sekedar jargon saaja, tapi kualitas pun juga perlu di cek," Ucap Kapolda.

Lebih jauh dikatakan Kapolda, untuk menjaga kepercayaan masyarakat dan pemerintah terhadap polri tersebut maka penyelenggaraan pelayanan publik polri untuk segera melakukan penyempurnaan untuk menginplementasikan hasil diskusi ini.

"Saya harapkan seluruh unit penyelenggaran pelayanan agar mematuhi 14 komponen standar pelayanan yang di sesuaikan dengan kondisi wilayah kearifan lokal masin-masing. Termasuk kesedian rekan-rekan pada satuan satker tingkat polda untik membantu baik di bidang pembinaan dan operasional untuk mendukung dan mensosialisasikan pelayanan polri khususnya Polda Sulbar dan jajaran,"  Kata Kapolda.

Terakhir kata Kaplda, pihaknya meminta untuk memaksimalkan berbagai teknologi yan tersedia untuk mendukung peningkatakn kualistas pelayanan publik dalam rangka meningkatkan kehandalan pelayanan kepolisian berbasis teknologi informasi serta memperioritaskan sarana dan prasarana untuk kaum rentan dan berkebutuhan khsusu dengan menigkakan kapasitas penyelenggara pelayanan dengan kemampuan yang mendukung.

"Jaringan inovasi dalam bidang pelayanan kepolisian yang dapat memberikan solusi atas keterbatasan dalam pelayanan serta muda diakses oleh masyarakat," Jelas Kapolda.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut