get app
inews
Aa Read Next : Dinilai Melemahkan, Aliansi Nakes di Mamuju Tolak RUU Kesehatan

Indeks Demokrasi di Sulbar Meningkat, Tapi Tantangan Mengintai

Selasa, 21 November 2023 | 14:15 WIB
header img
Rapat evaluasi pengembangan Indeks Demokrasi Indonesia Sulbar yang di gelar Bidang Politik Dalam Negeri, Kesbangpol Sulbar di Hotel Berkah, Mamuju. Foto: iNewsMamuju/Lukman Rahim

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Hasil terbaru dari Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) di Sulawesi Barat menunjukkan peningkatan yang signifikan. 

Dalam laporan terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar, IDI Sulbar mencapai skor 74,03 di Tahun 2022, mengalami kenaikan sebanyak 2,73 poin dari periode sebelumnya.

Hal ini diketahui pada rapat evaluasi pengembangan Indeks Demokrasi Indonesia Sulbar yang di gelar Bidang Politik Dalam Negeri, Kesbangpol Sulbar di Hotel Berkah, Mamuju. Selasa (21/11/2023). 

Peningkatan ini mencerminkan komitmen yang kuat terhadap prinsip-prinsip demokrasi dan partisipasi masyarakat dalam proses politik. Peningkatan IDI memberikan sinyal positif terkait peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan, transparansi, dan keterlibatan publik.

Staf Ahli Gubernur Muhammad Hamzih mengatakan, pemerintah daerah, bersama dengan masyarakat dan lembaga terkait, diharapkan untuk terus bekerja sama demi memperkuat fondasi demokrasi. 

"Perlu menjadi perhatian dari berbagai aspek mulai kesetaraan, kebebasan dan kapasitas lembaga demokrasi. Jadi mari kita lakukan tugas masing-masing bagaimana mestinya," jelas Muhammad Hamzih mewakili Sekretaris Provinsi Sulbar saat membuka kegiatan tersebut. 

Plt Kepala Kesbangpol Sulbar H. Muhammad Yusuf Thahir menyampaikan, kegiatan itu bertujuan, untuk dapat melihat tingkat perkembangan demokrasi atau menjadi alat pembanding antar daerah dalam memperoleh gambara IDI.

"Ini juga dapat menjadi bagian perencanaan pembangunan politik pada tingkat provinsi dan termasuk sebagai bahan evaluasi bagi pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan demokrasi," jelasnya. 

Meskipun IDI di Sulbar mengalami peningkatan namun terdapat tantangan yang perlu diatasi pada 3 indikator kunci.

Data BPS menunjukkan indikator terjadinya kebebasan berkumpul, berekspresi, berserikat dan berpendapat antar masyarakat masih sangat rendah skor 0,00. Netralitas penyelenggaraan Pemilu skor 21,43 dan pendidikan politik bagi kader partai politik skor 24,00.

Hadir sebagai pembicaraan di kegiatan itu, wakil ketua Komisi I DPRD Sulbar, Muslim Fattah, Perwakilan Bawaslu, Komisioner KPU Sulbar, dan Kepala BPS Sulbar.

Turut hadir, sejumlah peserta serta Kepala Kesbangpol kabupaten se Sulbar. 

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut