get app
inews
Aa Read Next : 2 Tersangka Korupsi Dana Desa di Mamuju Tengah Diserahkan ke Kejaksaan

2023, Polres Mateng Tangkap 36 Pelaku Narkotika, 81 Persen Kasus Pidana Berhasil Diselesaika

Sabtu, 30 Desember 2023 | 08:01 WIB
header img
Kapolres Mamuju Tengah AKBP Amri Yudhy rilis akhir tahun penanganan kasus di wilayah hukum Polres Mamuju Tengah. Foto: Ist

MATENG, iNewsMamuju.id - Kapolres Mamuju Tengah, AKBP Amri Yudhy mengatakan, sepanjang tahun 2023, pihaknya berhasil menangani sekitar 15 jenis kasus konvensional. Dari 124 laporan, 102 kasus atau 81 persen berhasil diungkap.

Polres Mateng juga berhasil mengungkap 24 kasus kejahatan transnasional narkoba dari total 29 kasus di tahun 2023, dengan barang bukti sabu-sabu seberat 21,68 gram, obaya jenis boje sebanyak 5.043 butir, dan obaya jenis tramadol 260 butir, serta berhasil mengamankan 36 tersangka. Sementara itu, 5 kasus lainnya masih dalam proses penyidikan oleh Satuan Narkoba Polres Mateng.

Hal ini diungkap AKBP Amri Yudhy pada kegiatan press release akhir tahun 2023 didampingi para pejabat utama Polres Mateng di Aula Wicaksana Laghawa Polres Mateng. Jumat (29/12/2023).

Kata Amri, berkat partisipasi aktif warga masyarakat yang mendukung Polri situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Mamuju Tengah pada umumnya masih dalam kondisi aman terkendali. Upaya ini terlihat melalui kegiatan pamswakarsa serta informasi pengaduan kamtibmas yang disampaikan kepada personil Polri, baik secara langsung maupun melalui platform media sosial, terutama melibatkan peran aktif Bhabinkamtibmas yang berada di titik-titik terdekat.

Terkait kasus-kasus menonjol di tahun 2023, Kapolres menyoroti kasus pembunuhan Haji Mayong di Desa Lembahada, Kecamatan Budong-budong, pada 14 Januari 2023, dan kasus pembunuhan seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, pada 25 April 2023. Kapolres menyampaikan harapannya agar tidak ada lagi kasus serupa di wilayah tersebut pada tahun-tahun berikutnya.

"Dari beberapa kasus tersebut, kita lihat banyak terjadi penurunan pada kasus-kasus berat seperti pencurian motor, pencurian biasa, dan penganiayaan. Meskipun demikian, proses penyelesaiannya mengalami peningkatan, dan Alhamdulillah, semua kasus bisa terungkap dengan berhasil menangkap pelakunya," tegas AKBP Amri.

Sementara kecelakaan lalu lintas, tercatat sebanyak 113 kasus dengan melibatkan 166 korban, yang terdiri dari 22 korban meninggal dunia, 2 mengalami luka berat, dan 142 luka ringan, dengan total kerugian material senilai Rp168.100.000. sementara dalam data pelanggaran lalu lintas tercatat sebanyak 647 teguran dan 450 tilang.

Kegiatan press release akhir tahun ini menjadi agenda tahunan Polres Mateng untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang kinerja Polres Mamuju Tengah selama satu tahun dalam melayani masyarakat, menciptakan, dan memelihara Kamtibmas.

AKBP Amri Yudhy mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada awak media atas partisipasinya dalam mendukung terciptanya kamtibmas di Kabupaten Mamuju Tengah. Ia berharap sinergitas dan kerjasama ini dapat terus terjalin dengan baik di masa mendatang.

Editor : Lukman Rahim

Follow Berita iNews Mamuju di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut