get app
inews
Aa Read Next : Tanpa Ado, Akankah PDIP Kembali Dukung Sutinah di Pilkada Mamuju 2024?

Dapat Tiket PDIP, Rio Paipinan Siap Bertarung untuk DPR RI Dapil Sulbar

Rabu, 10 Januari 2024 | 11:19 WIB
header img
Rio Paipinan maju sebagai Anggota DPR RI Dapil Sulbar. Foto: Ist

MAMASA, iNewsMamuju.id - Rio Paipinan mendapat mandat dari PDI Perjuangan. Rio Paipinan salah satu kader Partai yang dipercayakan bertarung pada 14 Pebruari tahun 2024 sebagai Calon Anggota DPR RI Dapil Sulbar.

Rio Paipinan mendapat nomor urut 4 dari empat orang rekannya di partai yang akan bertarung.

Dia adalah seorang cucu pejuang Sulawesi Barat, Andi Paipinan. Keinginannya muncul untuk masuk di dunia politik dan bertarung untuk mendapatkan kursi di DPR RI Dapil Sulbar, ketika menyaksikan kondisi kehidupan kerabat dan keluarga di tanah leluhurnya yang sangat jauh tertinggal dari kebanyakan daerah lain.

Kakek Rio pernah menjadi Camat di Kecamatan Pana’, yang juga merupakan tanah leluhurnya. Namun hatinya tergerak ketika melihat sejumlah jalan masih sulit untuk diakses kendaraan bermotor. 

Rio mengaku, ingin membawa perubahan bagi warga di negeri moyangnya itu, ia memimpikan kemajuan zaman yang berteknologi canggih ini tidak cuma dinikmati masyarakat di belahan dunia lain, tapi juga seluruh warga. 

Niat itu pun tidak tumbuh serta merta. Menurut Komisaris PT. Altekmes Siatolu Jaya ini, ia sudah diminta sejak 2019 oleh salah satu partai melalui seorang kerabatnya, namun kala itu Rio masih proses ‘menjadi diri sendiri’ dan nuraninya belum sepadan niatnya.

Menolak tawaran pada Pileg 2019, namun saat di tahun 2021 hatinya tersentuh untuk dapat berbuat banyak bagi warga di kampungnya, saat itu ia menghadiri prosesi adat pemakaman sang nenek.

“Saya terharu bahkan sedih menyaksikan penderitaan keluarga di kampung. Jalanan rusak, transportasi tidak lancar dan masyarakat boleh dibilang masih berada dibawah garis kemiskinan," kata Rio Paipinan saat diwawancarai wartawan via telepon WhatsAppnya, Rabu (10/1/2024). 

Ia bercerita awal ia diberi mandat oleh PDI Perjuangan. Pria yang ahli terkait pembangkit listrik tenaga air ini ketika itu persentase pembangkit listrik tenaga sampah kepada petinggi PDIP. 

 

Rio pun diminta pulang kampung membangkitkan tenaga manusia dengan keahlian pembangkit listrik tenaga sampahnya, agar masyarakat segera terbangun dari tidur pulas kemiskinannya bergerak bersama menuju perubahan hidup lebih baik. 

Berbekal segudang pengalaman menangani ratusan proyek berteknologi tinggi. Pembina POSPERA Sulbar ini yakin akan mampu mengawal pembangunan dan mengedukasi generasi muda se Sulbar untuk berdaya saing tinggi, sehingga mampu berbenah mengejar ketertinggalan menuju kesetaraan taraf hidup, setidaknya wilayah terdekat seputar Sulbar.

 

Berikut Proyek yang Pernah Dikerjakan Rio Paipinan:

 

Otomatisasi dan Remotisasi PLTA Garung, PLTA Wadaslintang dan PLTA Wonogiri di PT. Indonesia Power UBP Mrica; Modifikasi Speed Control PLTG 1 di PT. Indonesia Power, PLTG Cilacap;

 

Modifikasi RPM Monitoring (GOSSEN) PLTG 2 di PT. Indonesia Power, PLTG Cilacap; Integrasi KDM Project di PT. KDM Kalimantan; Pemasangan SCADA PLN Lhokseumawe Langsa di Aceh; Scada System PT. Central Pertiwi Bahari di Lampung; Retrofit Sistem Kontrol di PLTA Tersebar UBP Mrica;

 

Otomatisasi Sistem Kontrol PLTA Tes di Bengkulu; Pemasangan Sistem SCADA di PT. PLN (Persero) Cabang Tanjung Pandan Wilayah Bangka Belitung; Pengadaan dan Pekerjaan Kontrol DAS Unit PLTP Kamojang di Garut; Upgarade Digital Governor PLTA Singkarak di Bukit Tinggi; Implementasi Citect SCADA PT. MSI di Makassar; Pengadaan Thermal Efisiensi Monitoring Package PT. Indonesia Power UBP PLTUG Gilimanuk (Bali);

 

Pengadaan Thermal Efisiensi Monitoring Package PT. Indonesia Power UBP PLTUG Perak dan Grati (Surabaya dan Pasuruan); Retrofit Sistem Kontrol di PLTA Tersebar UBP Mrica Jawa Tengah; Pengadaan dan Pemasangan SCADA Intake dan Valve House Dam Menjer PLTA Garung PT. Indonesia Power UBP Mrica;

 

Retrofit AVR Excitasi PLTA Katenger 1,2 dan PLTA Jelok 1 sd 4 PT. Indonesia Power UBP Mrica; Migrasi PLTA Tersebar di PLTA dibawah PT. Pembangkitan Jawa Bali, UP Brantas; Remotisasi PLTA Tersebar di PLTA dibawah PT. Pembangkitan Jawa Bali, UP Brantas; Retrofit Central SAT 250 PLTA Renum di PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Pandan;

 

Modernisasi AVR dan Governor PLTMH Aek Raisan PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Pandan; Retrofit HMI Governor PLTA Sipan sihaporas PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Pandan; Retrofit dan Modernisasi Stacker Reclaimer PLTU PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Labuhan Angin Sibolga; dan lain-lain.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut