get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Sulbar dan PJU Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Pattidi, Jelang Puncak Hari Bhayangkara ke-78

Peduli Lingkungan, PKK dan Bhayangkari Sulbar Gelar Penanaman Pohon

Rabu, 19 Juni 2024 | 20:12 WIB
header img
Ketua PD Bhayangkari Sulbar Ny Miranti Adang Ginanjar dan Ketua PKK Sulbar Ny Sofha Marwah bersama Pengurus PD Bhayangkari Sulbar. Foto: iNewsMamuju.id/Fathir

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Pj Ketua PKK Sulbar Ny Sofha Marwah bersama Ketua PD Bhayangkari Ny Miranti Adang Ginanjar melakukan penanaman pohon di area kantor pos PJR Polda Sulbar, Rabu 19 Juni 2024.

Hadir langsung juga Pj Gubernur Bahtiar, Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar bersama forkopimda, dan jajaran Pejabat Pemprov Sulbar.

"Hari ini kita melakukan penanaman dalam rangkaian acara peringatan hari bhayangkara ke-78," kata Sofha Marwah.

Ia menambahkan penanaman terus digalakkan di Sulbar mengingat daerah ini masuk daerah rawan bencana, termasuk membantu pemerintah dalam menangani emisi karbon.

"Ini sedekah pohon mengurangi emisi karbon di Indonesia khususnya di Sulbar. Jadi kita sama-sama penjaganya," tambahnya.

Ditempat yang sama  Ketua PD Bhayangkari Ny Miranti Adang Ginanjar mengungkapkan emisi karbon ini menjadi perhatian dunia saat ini termasuk di Indonesia, sehingga ini menjadi bagian agar terus melakukan penanaman pohon.

Ny Miranti, menyebutkan, salah satu langkah kunci mengatasi perubahan iklim adalah mengelola emisi karbon secara berkelanjutan. Di antara berbagai strategi kelola karbon, tanam pohon memainkan peranan krusial. 

"Pohon berfungsi sebagai penyerap karbon alami yang efektif dengan menyimpannya dalam bentuk biomassa," Ujarnya.

Masih kata, Ny Miranti, Penanaman pohon sukun dipilih karena sifatnya yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga memberikan manfaat ekonomis yang signifikan bagi penduduk lokal. Selain itu, pohon ini memiliki kemampuan yang unik untuk menyerap karbon dioksida lebih efisien dibandingkan dengan spesies lainnya.

"Pohon sukun jenis tanaman Artocarpus altilis, dipilih sebagai fokus utama penanaman karena sistem akarnya yang kuat menjadikannya sangat cocok untuk memperkuat tanah, mencegah erosi, dan mengurangi dampak banjir di daerah sekitarnya," Ungkapnya.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut