get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Mateng, Arsal-Askary, Resmi Kukuhkan Tim Pemenangan Kecamatan hingga Tingkat Desa

Arsal Aras Melenggang ke Pilkada Mateng 2024, Ini Hasil Surveinya

Minggu, 28 Juli 2024 | 18:12 WIB
header img
Arsal Aras. Foto: Ist

MATENG, iNewsMamuju.id - Arsal Aras diprediksi bakal melenggang di Pilkada Mamuju Tengah (Mateng) 2024. Ketua DPRD Mateng ini disebut unggul jauh dari figur bakal calon lainnya dalam tiga fase survei.

Direktur Logos Politika, Maenunis Amin, menyebut tiga temuan survei dari Indikator, Trust Indonesia dan LSI menunjukkan dominasi Arsal Aras di Pilkada Mateng yang akan dihelat November tahun ini.

“Arsal konsisten menang di tiga fase survei versi Indikator pada Desember 2023, versi Trust Indonesia pada April 2024 dan versi LSI pada Juli 2024.” ungkap Maenunis.

Ia menyebut hasil survei tiga lembaga tersebut menunjukkan stabilitas trend elektoral Arsal Aras menuju babak akhir kandidasi.

Dalam simulasi 5 nama versi Indikator, Arsal 51,% menyusul Haris Halim 9,9%, Amalia Aras 8,9%, Syahrul Sukardi 2,1%, Amin Jasa 1,4% sisanya belum menentukan sikap. Dalam simulasi head to head versi Trust, Arsal 60,7% versus Sahrul Sukardi 14,1% dan Arsal Aras 65,2% versus Haris Halim 9,1 dan yang belum atau tidak menjawab sebenar 25,7%. Dalam simulasi 4 nama versi LSI, Arsal Aras 51,8%, Syahrul Sukardi 9,7%, Haris Halim 4,2%, Askary Darwis 0,8% dan yang belum atau tidak menjawab sebanyak 33,5%. Trend elektabilitas Arsal yang terlihat dalam survei sudah stabil dan akan cukup sulit terkejar kandidat lainnya.” Imbuh Maenunis.

Tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Aras-Amin Jasa dinilai ikut memberi efek ekor jas terhadap elektabilitas Arsal.

“Approval rating pemerintahan Aras-Amin yang mencapai 65,6% ikut memberikan efek ekor jas terhadap trend positif Arsal. Aras Tammauni sebagai Bupati 2 periode akan ikut memberi coat tail effect bagi arsal sekaligus masih akan menjadi magnet bagi preferensi arah pilihan politik masyarakat Mateng di Pilkada 2024.” Kunci Maenunis

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut