get app
inews
Aa Read Next : Warga Dusun Harapan Baru Sambut Antusias Arsal Aras, Terget Kemenangan 99 Persen 

Kopdar Media Menakar Hasil Survei Pilkada Mateng 2024, Arsal Aras dan Askary Unggul Telak

Kamis, 29 Agustus 2024 | 21:56 WIB
header img
Calon Bupati Kabupaten Mamuju Tengah Arsal Aras saat menghadiri Kopdar Media menakar Hasil Survey. Foto: iNewsMamuju.id/Fathir

MAMUJU TENGAH, iNewsMamuju.id -- Dalam menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mamuju Tengah (Mateng) 2024, berbagai lembaga survei telah merilis hasil survei terkait popularitas dan elektabilitas calon bupati dan wakil bupati. 

Nama Arsal Aras muncul sebagai sosok yang unggul di berbagai fase survei, menempatkannya sebagai kandidat kuat untuk memenangkan kontestasi politik ini.

Pada Desember 2023, survei yang dilakukan oleh Indikator Politik menunjukkan Arsal Aras meraih 51 persen suara dalam simulasi lima nama. Haris Halim menempati posisi kedua dengan 9,9 persen, diikuti oleh Amalia Aras 8,9 persen, Syahrul Sukardi 2,1 persen, dan Amin Jasa dengan 1,4 persen. Sisanya belum menentukan pilihan. Hasil ini mengindikasikan dominasi Arsal Aras atas para pesaingnya.

Lebih lanjut, hasil survei dari Trust Indonesia yang dirilis pada April 2024 semakin menguatkan posisi Arsal Aras. Dalam simulasi head-to-head, Arsal Arsal mendapatkan dukungan sebesar 60,7 persen jika berhadapan dengan Syahrul Sukardi yang hanya memperoleh 14,1 persen. Ketika dihadapkan dengan Haris Halim, elektabilitas Arsal Aras bahkan meningkat menjadi 65,2 persen, sementara Haris hanya meraih 9,1 persen. Sebanyak 25,7 persen responden belum menentukan sikap atau tidak menjawab.

Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis pada Juli 2024 juga menunjukkan tren serupa. Dalam simulasi empat nama, Arsal Aras tetap memimpin dengan perolehan suara 51,8 persen. Syahrul Sukardi berada di posisi kedua dengan 9,7 persen, diikuti oleh Haris Halim dengan 4,2 persen dan Askary Anwar yang hanya meraih 0,8 persen. Sebanyak 33,5 persen responden masih belum menentukan pilihan.

Jika melihat simulasi tiga pasangan calon yang dilakukan oleh Indikator, Arsal Aras yang berpasangan dengan Askary Anwar sudah mencapai 51,3 persen. Pasangan Syahrul Sukardi dan Alamsyah Arifin memperoleh 8,9 persen, sedangkan pasangan Haris Halim dan Komang hanya mendapatkan 5,7 persen. Sebanyak 34,1 persen responden masih belum menentukan sikap.

Faktor lain yang berkontribusi terhadap tren positif Arsal Aras adalah approval rating pemerintahan Aras Tammauni dan Amin Jasa yang mencapai 65,6 persen. Popularitas pemerintahan saat ini memberikan efek ekor jas yang signifikan, memperkuat posisi Arsal Aras sebagai calon bupati yang paling berpeluang menang dalam Pilkada Mateng 2024.

Melihat hasil survei dari berbagai lembaga tersebut, tampak jelas bahwa Arsal Aras dan pasangannya, Askary Anwar, memiliki peluang besar untuk memimpin Mamuju Tengah pada periode mendatang. Namun, dinamika politik masih mungkin berubah, dan keputusan akhir tentu berada di tangan masyarakat pada hari pemilihan nanti.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut