get app
inews
Aa Read Next : PMII Aksi di DPRD Pasangkayu, Tuntut Kejelasan UMK Buruh

Pembukaan Masa Sidang DPRD Pasangkayu, Ryan Harapkan Perda Berkualitas dari Periode Ini

Rabu, 11 September 2024 | 21:36 WIB
header img
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, melaksanakan rapat paripurna pembukaan masa sidang ke-1 Tahun 2024. Foto: iNewsMamuju.id/Edison

PASANGKAYU, iNewsMamuju.idDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, melaksanakan rapat paripurna pembukaan masa sidang ke-1 Tahun 2024, sekaligus pembentukan fraksi-fraksi DPRD Pasangkayu untuk periode 2024-2029, pada Rabu (11/9/2024). Acara ini digelar di gedung paripurna DPRD Pasangkayu dan dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Pasangkayu, M Ryan Ramadhan, S.P.W.K, yang didampingi oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Mansyur serta 20 anggota DPRD lainnya.

Dalam sambutannya, M Ryan mengungkapkan pentingnya momentum ini untuk memulai tugas dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat. "Paripurna kali ini merupakan rapat perdana bagi kita sebagai anggota DPRD di awal masa jabatan. Saya berharap kita semua dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab dan aktif dalam segala agenda rapat serta kegiatan lainnya," ujar M Ryan.

Ryan juga menekankan tiga fungsi utama DPRD berdasarkan peraturan tata tertib, yaitu pembentukan peraturan daerah (Perda), anggaran, dan pengawasan. Ia berharap bahwa periode ini dapat melahirkan Perda berkualitas yang bermanfaat untuk masyarakat.

"Saat ini, DPRD Pasangkayu akan melanjutkan pembahasan tiga rancangan peraturan daerah (Ranperda) yang masih dalam proses serta membahas tiga Ranperda yang akan diserahkan oleh pemerintah daerah, termasuk Ranperda tentang Jaminan Kesehatan Daerah, Ranperda Perangka Desa, dan Ranperda perubahan atas Perda Mamuju Utara No 10 Tahun 2016," jelas Ryan.

Lebih lanjut, Ryan berharap agar anggota DPRD terpilih periode ini dapat melahirkan peraturan daerah yang berkualitas, demi kepentingan masyarakat dan daerah Pasangkayu. "Semoga kedepannya kita dapat menghasilkan Perda yang lebih baik dan berkualitas," harapnya.

Ryan juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antar fraksi dalam merumuskan program yang berpihak pada kepentingan masyarakat. Berdasarkan hasil pemilihan umum 2024, terdapat lima fraksi utama yang diumumkan dalam rapat tersebut:

Fraksi Golkar

Ketua: H. Saifuddin A Baso, SE, M.Si
Wakil Ketua: Mansur Majid
Sekretaris: Asriani, S.A.P
Anggota: Irfandi Y.RM, Muh. Risal, Darsia Iwan, H. Safaruddin S.Sos
Fraksi PDI Perjuangan

Ketua: Putu Purjaya, SH
Wakil Ketua: Andrias
Sekretaris: Edhy Perdana Putra, S.Kel
Anggota: M. Ryan Ramadhan S.P.W.K, Puti Sulaksana S.H
Fraksi Nasdem Keadilan Sejahtera

Ketua: Robin Chandra Hidayat, S.H
Wakil Ketua: Ersad
Sekretaris: Muh. Dasri, S.Pd, M.A.P
Anggota: Hariman Ibrahim, Arham Bustaman
Fraksi Gerindra

Ketua: Farid Zuniawansyah, S.Sos
Wakil Ketua: Amries Amier, SH
Sekretaris: Suwandi Saharuddin, A.M.K
Anggota: Muh. Ilham
Fraksi Amanat Kebangkitan Demokrasi

Ketua: Lubis, SH
Wakil Ketua: Paris Balinono
Sekretaris: Adi Nur Cahyo, S.M
Anggota: Muslihat Kamaluddin, S.Sos

Penandatanganan berita acara oleh para ketua fraksi menandai akhir dari rapat paripurna, yang sekaligus mencerminkan hasil pemilihan umum 2024. Dengan susunan fraksi yang telah diumumkan, DPRD Pasangkayu siap melanjutkan tugas dan tanggung jawab mereka dalam menyusun peraturan daerah dan program-program lainnya untuk kepentingan masyarakat Pasangkayu.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut