get app
inews
Aa Read Next : Cegah Gangguan Kamtib, Kepala Rutan Pasangkayu Intensifkan Pengawasan Blok Warga Binaan

Rutan Pasangkayu Kontrol Ketat Brandgang untuk Ciptakan Lingkungan Aman

Jum'at, 18 Oktober 2024 | 12:18 WIB
header img
Petugas Rutan Pasangkayu sedang mengontrol brandgang. Foto: Ist

PASANGKAYU, iNewsMamuju.id - Dalam upaya menjaga kondisi yang bersih dan aman, petugas Rutan secara rutin melakukan kontrol dan pengecekan fisik di area brandgang. Kamis (17/10/2024).

Kebersihan dan keamanan menjadi prioritas utama di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pasangkayu, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa area luar, yang berfungsi sebagai pertahanan pemisah tembak dengan blok warga binaan, tetap dalam kondisi baik. Petugas memeriksa kebersihan serta memastikan tidak ada potensi gangguan keamanan yang dapat menimbulkan masalah.

Kegiatan ini dilakukan sebagai antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban, sesuai arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan bahwa salah satu dari Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju adalah deteksi dini. Diharapkan dengan adanya kontrol branggang secara rutin, Rutan Pasangkayu selalu dalam keadaan aman dan kondusif sehingga proses pembinaan bagi WBP dapat berjalan baik.

Kepala Rutan Pasangkayu, Tisep Oven Harry menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilakukan agar petugas dapat mengetahui kondisi dan situasi pada Area Branggang. Selain itu, belia juga berpesan dalam rangka deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban serta memastikan area branggang dalam keamanan aman dan baik sehingga diperoleh kondisi lingkungan yang aman dan bersih.

“Dengan dilaksanakan kontrol kebersihan dan keamanan area branggang ini akan dapat memupuk rasa tanggung jawab atas tugas sehingga dalam melaksanakan tugas dapat dilaksanakan sesuai aturan dan tidak sembarangan, selain itu kita bisa memastikan kondisi area branggang sehingga diperoleh kondisi aman dan kondusif,” ujar Tisep.

Kegiatan kontrol ini dilakukuan sebagai deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan Rutan Pasangkayu. Kegiatan kontrol ini dimulai dengan melakukan penyisiran area brandgang mulai dari area Pos 1 di ujung utara bangunan dilanjutkan ke Pos 2 dan seterusnya. Dalam kegiatan kontrol ini dilakukan pemeriksaan tembok kamar hunian, selokan aliran air, dan celah yang dapat dimanfaatkan untuk upaya pelarian serta gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin dapat terjadi.

Sementara itu, secara terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Marasidin mendukung upaya yang dilakukan oleh jajaran Rutan Pasangkayu.

“Sehingga melalui Pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan dapat memberi dampak terhadap peningkatan kinerja di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulbar” tutup salah seorang Kakanwil unit wilayah di bawah kepemimpinan Menkumham, Supratman itu

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut