get app
inews
Aa Read Next : Kadivpas Kemenkumham Sulbar Dorong Optimalisasi Layanan Pemasyarakatan

Cegah Gangguan Kamtib, Kepala Rutan Pasangkayu Intensifkan Pengawasan Blok Warga Binaan

Rabu, 09 Oktober 2024 | 14:40 WIB
header img
Kepala Rutan Pasangkayu, Tisep Oven Harry saat memeriksa kamar hunian warga binaan. Foto: Ist

PASANGKAYU, iNewsMamuju.id - Kepala Rutan Pasangkayu, Tisep Oven Harry secara rutin melakukan kontrol di blok kamar hunian warga binaan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban, yang selalu menjadi perhatian utama Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pasangkayu, di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulbar. 

Melalui kontrol rutin, Rutan memastikan bahwa peraturan dan prosedur di dalam lembaga pemasyarakatan diikuti dengan ketat. Keamanan adalah prioritas utama, dan dengan melakukan pemeriksaan berkala, potensi masalah keamanan dapat diidentifikasi dan diatasi lebih awal.

Selain memastikan kepatuhan terhadap peraturan, kontrol rutin ini juga membantu memantau kondisi umum blok kamar. Faktor-faktor seperti kebersihan, fasilitas yang berfungsi dengan baik, dan kesejahteraan warga binaan menjadi fokus selama pemeriksaan. Dengan tindakan proaktif ini, Rutan Pasangkayu berupaya menciptakan lingkungan penahanan yang aman, bersih, dan mendukung rehabilitasi warga binaan. Upaya ini juga mencerminkan kesadaran akan tanggung jawab Rutan Pasangkayu terhadap masyarakat luas.

Kepala Rutan Pasangkayu, menegaskan bahwa Rutan Pasangkayu berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban dan memastikan bahwa lingkungan penahanan di Rutan Pasangkayu tetap aman dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Beliau juga mengatakan Kontrol blok kamar hunian ini dilakukan untuk memastikan Rutan Pasangkayu dalam kondisi aman serta sebagai Deteksi dini guna menjaga keamanan dan ketertiban.

"Kontrol blok kamar hunian ini adalah wujud paling dasar dari Deteksi dini dan bagian penting yang menjadi penunjang fungsi pengamanan sehingga jika dilakukan bisa memelihara keamanan dan ketertiban di Rutan Pasangkayu," ungkap Tisep, Rabu (9/10/2024). 

Upaya ini adalah bagian integral dari misi Rutan Pasangkayu untuk menyediakan pemasyarakatan yang sesuai dengan hukum, menghormati hak asasi manusia, dan berkontribusi pada pemulihan dan reintegrasi warga binaan ke dalam masyarakat. Dengan pendekatan ini, Rutan Pasangkayu terus bekerja menuju keamanan dan kesejahteraan yang lebih baik.

Sementara itu, secara terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Pramuji Raharja mendukung upaya yang dilakukan oleh jajaran Rutan Pasangkayu.

“Sehingga melalui Pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan dapat memberi dampak terhadap peningkatan kinerja di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulbar” tutup salah seorang Kakanwil unit wilayah di bawah kepemimpinan Menkumham, Supratman itu.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut