JAKARTA, iNewsMamuju.id - Bicara mobil buatan Indonesia asli, sejarah mencatat industri otomotif Tanah Air sempat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Ini terjadi 20 tahun silam.
Era keemasan mobil nasional terjadi pada 1990-an. Indonesia saat itu berhasil memproduksi dan memasarkan mobil sendiri yang kualitasnya tidak kalah dari negara lain.
Ini jauh sebelum Esemka menjadi buah bibir. Namun, mobil tersebut banyak gugur sebelum berkembang. Siapa sajakah itu? Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber berikut deretan mobil buatan Indonesia asli:
1. Morina (1976) Indonesia mencoba merakit mobil buatan dalam negeri bernama Morina. Mobil ini kependekan dari Mobil Rakyat Indonesia. Sejumlah komponennya, seperti bodi, sasis, aki, dan ban sudah dibuat dalam negeri. Morina gagal lantaran mesinnya tidak cocok untuk pekerjaan berat, cuaca tropis, dan panas.
2. Maleo 1993 Maleo diciptakan berkat kerja sama pabrikan asal Inggris, Rover dan Millard Design dari Australia. Mobil ini dirancang secara utuh oleh Menristek pada 1993, yakni BJ Habibie. Setidaknya ada 11 rancangan mobil hingga 1997. Sayang, proyek ini terbengkalai setelah Presiden Soeharto lengser.
3. MR 90 (1994) MR 90 atau kependekan dari Mobil Rakyat era 90-an. Ini merupakan proyek nasionalisasi pengembangan dari varian Mazda 323 Hatchback. Pembangunannya dimulai pada 1994 oleh PT Indomobil sebagai importir umum merek dagang Mazda di Indonesia.
4. Beta 97 (1994) Pada 1994 Grup Bakrie melalui Bakrie Brothers, sempat menciptakan Beta 97 sebagai mobil nasional. Kendaraan ini didesain oleh Shado asal Inggris. Saat itu, Bakrie sudah melakukan persiapan dan rencananya diluncurkan pada Desember 1997. Namun, krisis moneter mengubur Beta 97, ditambah tumbangnya era Presiden Soeharto pada 1998.
5. Timor (1995) Timor merupakan salah satu mobnas yang sempat meramaikan pasar otomotif Indonesia. Timor yang merupakan kependekan dari Teknologi Industri Mobil Rakyat ini berada di bawah naungan PT Timor Putra Nasional, perusahaan milik Tommy Soeharto.
6. Bimantara (1996) Sejalan dengan Timor, Bimantara adalah proyek mobil nasional yang digalang keluarga Cendana. Bila Timor disokong Tommy, Bimantara dibangun Bambang Trihatmojo. Menggandeng Hyundai sebagai kongsi pemasok komponen, Bimantara terhenti sejak 1998.
7. Marlip (1998) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah menciptakan mobnas bernama Marlip atau Marmut LIPI. Mobil ini sempat dipasarkan oleh PT Marlip Indo Mandiri. Meski masuk golongan micro car, Marlip saat ini masih digunakan sebagai mobil golf, moda rumah sakit, mobil keamanan, atau mobil layanan hotel dan resort.
8. Kancil (1999) Kancil merupakan singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah. Terdaftar sebagai mobnas lewat PT Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari (KANCIL). Tetapi karena modelnya yang kuno, Kancil kurang mendapat respons dari pengusaha angkutan kota, hingga namanya pun memudar karena kurang diminati.
9. Esemka (2019) Mobil buatan Indonesia asli terbaru adalah Esemka. Pabrik yang mereka bangun memiliki kapasitas produksi hingga 12.000 unit per tahun. Esemka dapat memproduksi 10 unit mobil SUV dan mini truk. Untuk komponen kendaraannya dibuat oleh PT INKA dan Pertamina. Selain itu, proses produksi mobil ini juga konsisten memanfaatkan sumber daya manusia dalam negeri. Pada 2019, mobil Esemka pertama diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mobil Esemka sudah dipasarkan di Indonesia. Namun, manajemen Esemka tidak mau disebut mobil nasional (mobnas), tetapi mobil produksi dalam negeri.
Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Mobil Buatan Indonesia Asli, Sedih Banyak yang Gugur Sebelum Berkembang ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/mobil-buatan-indonesia-asli-sedih-banyak-yang-gugur-sebelum-berkembang/3.
Editor : A. Rudi Fathir
Artikel Terkait