Debit Air Sungai Kalukku Meningkat, Warga Sondoang Kembali Was-was

Gidion Pasande
Foto: Tingginya Curah Hujan Mengakibatkan Sungai Kalukku Kembali Meluap

MAMUJU, iNewsMamuju.id -- Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Mamuju dan beberapa wilayah di Sulawesi Barat (Sulbar) dengan durasi yang cukup lama, berimbas pada meluapnya debit air di sejumlah sungai.

Salah satunya terjadi di salukaha, Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku. Debit  air dari Sungai Kalukku mulai naik mengakibatkan sejumlah titik di Jalan Poros Kalukku - Salubatu (Mamuju - Mamasa) hingga ketinggian mencapai lutut orang dewasa.

Menyusul, wilayah ini diguyur hujan Jumat  dini hari mulai pukul 04.00 hingga pukul 14.00 WITA belum terlihat tanda - tanda hujan mereda. 

 ”Air sudah mulai naik pak, yang di jalan poros sudah setinggi lutut orang dewasa pas depan rumah,” kata Sunarto, salah satu warga setempat. 

Akibatnya, setiap pengendara yang lewat harus berhati-hati saat melintas. Mereka sesekali mengangkat kaki agar tidak terkena cipratan air. 

"Hal tersebut mulai membuat was-was, kami siap - siap mengungsi. Kita liat saja dulu perkembangannya," tuturnya.

Menurut Sunarto, kejadian seperti ini selalu ditemui setiap tahunnya. Bahkan kita ketahui bersama belum lama ini wilayah Kecamatan Kalukku termasuk Desa Sondoang dilanda banjir bandang.

Hal ini, menurutnya, membuat warga setempat khawatir akan terjadinya bencana banjir, seperti beberapa waktu lalu. 

"Kami berharap hal ini menjadi perhatian serius dari pihak terkait, guna mencegah terjadinya bencana banjir rutin di wilayah ini," tutup Sunarto.

Informasi yang dihimpun media ini, akibat cuaca ekstrim sejumlah wilayah di Sulawesi Barat dilanda bencana alam, telah terjadi banjir akibat luapan sungai salah satunya sungai kali Mamuju, longsor di Sangiang, dan pohon tumbang di Desa Limbua Kecamatan Sendana serta angin kencang memporak-porandakan dua unit rumah warga di Dungkait, Tapalang Barat.
 

Editor : A. Rudi Fathir

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network