Musim Ikan Penja Telah Tiba, saatnya buat Ambar Makanan Lokal Mamuju

Nur Mubarak
Ambar makanan lokal Mamuju. Foto: iNewsMamuju.id/Lukman Rahim

MAMUJU - Ambar, Makanan Lokal Mamuju ini berbahan dasar sagu yang berisi ikan Penja dengan berbagai bumbu. 

Makanan lokal Mamuju ini kini mulai jarang ditemukan, khususnya di dalam Kota Mamuju. Meskipun cara pembuatannya tidak begitu sulit. 

Ambar, makanan lokal Mamuju ini pun mulai tergeser. Salah satu penyebabnya lantaran keberadaan pohon sagu yang mulia berkurang. Namun, di saat ikan Penja mulai banyak seperti saat ini, warga di Mamuju banyak membuat Ambar. 

Seperti yang dilakukan warga Lingkungan Padang Baka, Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju, Kota Mamuju. Usai mereka ramai-ramai menangkap ikan penja di pesisir pantai Mamuju. Mereka membuat Ambar. 

Iba, salah seorang warga mengatakan, sudah menjadi kebiasaan warga untuk membuat Ambar di musim penja. Apalagi, makan sagu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat padang, sebutan warga yang mendiami wilayah pegunungan Kota Mamuju. 

Bahan-bahan untuk membuat Ambar

Sagu

Ikan Penja

Bawang Merah

Bawang putih

Cabai

Garam 

Cara Pembuatan:

Cara pembuatannya tidak begitu sulit, Penja yang sudah dibersihkan kemudian dicampurkan bumbu halus, bawang merah, bawang putih, cabai dan garam. 

Sagu dimasukkan dalam wadah, kemudian Sagu diayak, biasanya warga menggunakan tangan agar seperti tepung, kemudian dimasukkan ke sebuah wadah wajan tanah atau warga menyebut Pangdangeang, kemudian dibakar agar aroma dan rasa begitu terasa. 

Sagu dituang kedalam Pangdangeang tadi agak tipis, lalu Penja yang sudah diberi bumbu tadi dimasukkan diatasnya, kemudian Sagu kembali dituang hingga seluruh Penja tertutup.

Begitulah pembuatan Ambar, makanan lokal Mamuju, rasanya enak. 

 

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network