Aroma Sampah Busuk, Lurah: Sudah Sering Diimbau, Tapi Tidak Mengerti

Gidion Pasande
Tumpukan sampah tak jauh dari Bandara Tampa Padang Mamuju keluarkan bau busuk. Foto: Gidion Pasande

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Kepala Kelurahan Sinyonyoi Selatan, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Mauli menyayangkan, masih saja ada warga yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Kurangnya rasa kepedulian warga akan kebersihan lingkungan itu, kata dia, dapat dilihat di pinggiran jalan Lingkungan Ranga-ranga jalur dari Bandara Tampa Padang, dimana tumpukan sampah limbah rumah tangga masih berserakan

Padahal, kata Mauli, imbauan sudah sering kali dilakukan oleh pihak lingkungan Pemerintah Kelurahan Sinyonyoi Selatan. Baik itu disampaikan secara langsung maupun melalui plang peringatan.

"Terkait masalah sampah kami sudah berapa kali membersihkan, bahkan sudah dihimbau sama masyarakat bahwa dilarang membuang disana. Bahkan kepala lingkungan memasang plakat tetapi masyarakat tidak mengerti," ungkap Mauli, Lurah Sinyonyoi Selatan saat dikonfirmasi. Rabu (15/3/2023).

Iapun berharap, kesadaran warga dapat semakin ditingkatkan. Terutama sikap peduli akan kebersihan lingkungannya. Apalagi saat musim hujan, yang dikhawatirkan akan menimbulkan bibit penyakit.

Berbicara dalam mengatasi permasalahan sampah lanjut Mauli, maka tidak akan optimal bila hanya mengandalkan upaya dari pemerintah. Karenanya, peran serta kesadaran masyarakat sangat membantu mengatasi permasalahan tersebut

“Sadar kebersihan dapat dimulai dari hal kecil dalam keluarga. Maka dengan begitu secara tidak langsung kita telah bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Dengan kawasan lingkungan yang bersih, dirinya yakin masyarakat akan terbebas dari persebaran penyakit serta dampak negatif lainnya.

Sebelumnya diberitakan, tumpukan sampah di dekat Bandara Tampa Padang Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), disorot warga.

Pasalnya, sampah tersebut di buang di pinggir jalan sehingga menumpuk di area jembatan sekitar tambak ikan warga.

Bahkan sampah yang dibiarkan menumpuk sudah mengeluarkan bau tidak sedap dan menyengat.

"Iya pak, sampah yang sudah banyak disini dan bau sekali," kata salah seorang warga, Hasnawi kepada iNewsMamuju.id.

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network