Demi Kelestarian Laut, Lanal Mamuju Bentuk Kelompok Sadar Wisata

Nur Mubarak
Danlanal Mamuju Letkol Laut (P) Mochamad Reza Achwandi saat menjelaskan pembentukan kelompok sadar wisata di Sulbar, di Mako Lanal Mamuju. Foto: Istimewa

MAMUJU, iNewsMamuju.id - TNI Al Lanal Mamuju membentuk kelompok sadar wisata, tujuannya untuk membangun proses edukasi demi kelestarian laut di Sulbar.

Danlanal Mamuju Letkol Laut (P) Mochamad Reza Achwandi mengatakan, kelompok sadar wisata sebagai ajang edukasi untuk menjaga kelestarian laut.

"Samson Fishing Charter ini sudah jadi bagian pembentukan kelompok sadar wisata, Samson ini juga sudah bekerjasama dengan Lanal Mamuju," jelasnya di Mako Lanal Mamuju, Kamis (4/5/2023) 

"Edukasi ini juga dengan kelompok nelayan lokal, agar tidak menggunakan bom atau bahan kimia lain untuk menangkap ikan," ucapnya.

Ia menilai, hingga saat ini masih banyak warga yang belum sadar wisata, termasuk belum menyadari bagaimana mengelola potensi laut yang dimilik dengan baik. 

"Selain untuk kelompok sadar wisata kita juga akan kita juga ada program donasi kacamata renang, kita target 100 kacamata renang untuk anak-anak di pesisir," ungkapnya. 

Ia mempersilahkan, bagi siapa saja atau komunitas pancing yang ingin bergabung di kelompok sadar wisata tersebut.

Sementara Komunitas Samson Fishing Charter Taufik menjelaskan bahwa dirinya bersama anggota komunitas lainya, berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan potensi laut Sulbar. 

"Apa yang kami lakukan ini hobi, bukan untuk mengeksploitasi hasil ikan, tidak ada ikan yang yang kami komersil," ujarnya.

Menurutnya, para turis yang sering diajak berkeliling itu merupakan turis Asia seperti dari Singapura dan Taiwan.

Selain menyalurkan hobi, pihaknya mengaku bahwa ia juga melakukan edukasi kepada masyarakat agar menghentikan penangkapan ikan dengan menggunakan bom.

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network