Ditnarkoba Polda Sulbar Gelar Lomba Kampung Bebas Narkoba

ILu
Dirresnarkoba Polda Sulbar Pimpin langsung rapat pelaksanaan Kampung Bebas Narkoba Polda Sulbar bersama jajaran. Foto: Fathir

MAMUJU, iNewsMamuju.id -- Ditresnarkoba Polda Sulbar menggelar lomba Kampung Bebas Narkoba. Kegiatan ini, diikuti oleh seluruh Polres jajaran di Polda Sulbar 

"Setiap Polres menunjuk satu kampung yang diikutsertakan dalam kegiatan lomba Kampung Bebas Narkoba," kata Dirresnarkoba Polda Sulbar Kombes Pol Christian Rony Putra, Rabu (16/8/2023).

Christian Rony Putra, menambahkan sebelum digelarnya kegiatan tersebut, Ditresnarkoba Polda Sulbar dan Polres Jajaran telah menggelar diskusi dan koordinasi dengan stakeholder terkait dalam rangka pembentukan Kampung Bebas Narkoba di Wilayah Sulawesi Barat 2023.

Christian Rony Putra, menjelaskan kegiatan ini menindak lanjuti program Quick Wins Kapolri. Christian Rony Putra menyebut kegiatan ini diharapkan bisa efektif dalam menekan peredaran narkoba.

"Kampung Bebas Narkoba (KBN) adalah satuan wilayah setingkat desa atau kelurahan yang memiliki kemampuan kemandirian dan sinergitas dengan instansi terkait dalam pelaksanaan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan zat adiktif lainnya," Ujarnya.

Christian juga mengatakan, Kampung Bebas Narkoba ditentukan berdasarkan masukan masyarakat, tokoh masyarakat dan analisis media bahwa di desa atau kelurahan tersebut marak terjadi peredaran gelap narkoba dan baik merupakan pintu masuk maupun jalur distribusi/ peredaran. 

"Selain itu juga ditentukan berdasarkan data ungkap tindak pidana penyalahgunaan narkoba dan miras," Ucapnya.

Terakhir kata, Christian, Sasaran kegiatan Kampung Bebas Narkoba bersifat menyeluruh meliputi upaya pencegahan kepolisian dalam menangani faktor-faktor penyebab terjadinya penyalahgunaan narkoba dan miras serta upaya penegakan hukum
 tindak pidana penyalahgunaannya

"Perlombaan Kampung Bebas Narkoba dilaksanakan secara berjenjang. Diawali dari pelaksanaan di tingkat Polda. Kemudian, Kampung Bebas Narkoba terbaik dari tiap polda akan dilombakan di tingkat Mabes,"Pungkasnya.

Kegiatan Vicon Ini sendiri turut dihadiri Wadir Narkoba Polda Sulbar, Para Kasubdit dan Perwira Ditresnarkoba Polda Sulbar, Perwakilan Wartawan dan Para Kasat Resnarkoba Polres/ta jajaran Polda Sulbar.

Editor : A. Rudi Fathir

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network