Ditlantas Polda Sulbar Gelar Pelatihan RTMC untuk Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

Fathir
Ditlantas Polda Sulbar Gelar Pelatihan RTMC untuk Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas. Foto: iNewsMamuju.id

MAMUJU, iNewsMamuju.id – Dalam upaya meningkatkan kesadaran berlalu lintas dan mengurangi angka pelanggaran di Sulawesi Barat (Sulbar), Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulbar menggelar pelatihan Regional Traffic Management Center (RTMC) pada Selasa, 20 Agustus 2024. 

Pelatihan yang berlangsung di Gedung RTMC Mapolda Sulbar ini dipimpin langsung oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, dan diikuti oleh seluruh personel Ditlantas serta jajaran Polres di wilayah Sulbar.

Direktur Lalu Lintas Polda Sulbar, Kombes Pol Velentinus Virasandy Asmoro, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan RTMC ini merupakan bagian dari transformasi digital yang mendukung amanah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

Menurutnya, sistem RTMC ini bertujuan untuk mewujudkan keselamatan dan ketertiban berlalu lintas (kamseltibcarlantas) serta penegakan hukum yang lebih efektif dan humanis melalui pengelolaan yang lebih baik.

"Dalam era digital seperti sekarang, tantangan dalam pengelolaan lalu lintas semakin kompleks seiring dengan peningkatan jumlah kendaraan dan mobilitas masyarakat. Oleh karena itu, hadirnya RTMC diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengelola sistem lalu lintas dengan lebih baik dan efisien," ujar Kombes Pol Velentinus.

RTMC, lanjut Kombes Velentinus, merupakan wajah baru dalam sistem pengelolaan kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polda Sulbar. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan sumber daya manusia (SDM) yang terlibat dalam pengelolaan RTMC akan semakin terampil dan mampu menerapkan penegakan hukum secara elektronik dan humanis.

Seluruh personel Ditlantas Polda Sulbar menunjukkan antusiasme tinggi selama pelatihan, menandakan komitmen mereka untuk meningkatkan kompetensi demi memaksimalkan upaya peningkatan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. 

Pelatihan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan pengetahuan teknis para peserta tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya pengelolaan lalu lintas yang efektif dalam mewujudkan kondisi arus lalu lintas yang kondusif di Sulbar.

Dengan penerapan RTMC yang optimal, Ditlantas Polda Sulbar berharap dapat menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman dan tertib, serta menjadikan Sulbar sebagai contoh dalam pengelolaan lalu lintas berbasis teknologi dan humanis.

Editor : A. Rudi Fathir

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network