Kakanwil Kemenkumham Sulbar Hadri Pelantikan Anggota DPRD 2024-2029

Ilu
Kakanwil Kemenkumham Sulbar Pamuji Raharja. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Pamuji Raharja menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Sulawesi Barat dalam Rangka Pengucapan Sumpah dan Janji 45 orang Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat Masa Jabatan 2024-2029, Kamis (26/9/2024).

Kakanwil berharap dengan dilantiknya anggota DPRD bisa menjalankan tugas dan fungsi demi pembangunan Sulawesi Barat yang lebih maju dan Malaqbi.

“Dengan dilantiknya anggota DPRD ini, Kemenkumham Sulbar berharap kolaborasi dan sinergi terus terjalin dan ditingkatkan, salah satunya dalam pelaksanaan penyusunan produk hukum daerah” ujar salah seorang Kakanwil unit wilayah di bawah kepemimpinan Menkumham, Supratman itu

Ketua DPRD Sulbar Suraidah Suhardi membuka Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Sulawesi Barat dalam Rangka Pengucapan Sumpah dan Janji Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat Masa Jabatan 2024-2029.

Ia menyampaikan bahwa fungsi-fungsi DPRD selama lima tahun ini telah dapat dilaksanakan secara optimal sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku disertai dengan tanggungjawab, dalam menyikapi berbagai kebijakan eksekutif.

Terkait dengan tugas dewan selaku mitra kerja sama dalam menyusun setiap peraturan daerah yang merupakan pada dasarnya wujud pelaksanaan legislasi. 

Ia mengatakan bahwa dewan selama lima tahun telah menetapkan sejumlah peraturan daerah baru.

Dewan telah melakukan pembahasan untuk ditetapkan sebagai perda. Ketua DPRD berharap kepada anggota 2024-2029 dapat menjalankan dan menuntaskan pembahasan rancangan perda tersebut sebagai peraturan daerah. 

Suraidah berharap kepada anggota yang terpilih dan dilantik agar memberikan pengalaman selama lima tahun untuk menjadi lebih baik lagi. Ia mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Sulbar, Pemerintah Daerah, Instansi Vertikal atas kerjasamanya yang terjalin baik selama ini.

Selanjutnya Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin mengucapkan selamat kepada anggota yang baru dilantik. 

Ia membacakan sambutan dari Mendagri yang mengatakan bahwa rapat paripurna ini merupakan puncak acara dari Pemilihan Umum Anggota DPRD yang secara filosofis sarana demokrasi yang dimaksudkan untuk melaksanakan perwakilan rakyat dalam tatanan negara.

“Atas nama pemerintah saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan hak pilihnya dalam pemilu,” ujarnya.

Peran serta DPRD Provinsi bersama Gubernur perlu diaktualisasikan demi terwujudnya sinergitas pembangunan antar Kabupaten.

Sinergitas dan Kolaborasi antara DPRD dengan Kepala Daerah harus diarahkan untuk memberikan respon cepat dalam pemecahan persoalan-persoalan kerakyatan di tingkat lokal, membangun kerjasama yang efektif di tingkat regional serta mendukung suksesnya agenda prioritas nasional.

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network