get app
inews
Aa Read Next : IJS Sulbar Menuju 1 Dekade Eksistensi: Refleksi dan Langkah Maju

Buaya Muncul, Warga di Bantaran Sungai Salubarana Mateng Diminta Waspada

Sabtu, 17 Desember 2022 | 12:09 WIB
header img
Tangkapan Layar Video Facebook Syamsidar Puepedo, Buaya di Bantaran Sungai Salubarana.

MATENG, iNewsMamuju.id - Setelah sebelumnya ditemukan seekor Buaya 4 Meter yang memangsa manusia di sungai Benggaulu, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat (Sulbar). Kini seekor buaya lainnya muncul di sungai yang berbeda di wilayah yang sama. 

Kali ini, buaya ini muncul di Sungai Salubarana, Desa Lara, Kecamatan Karossa, Mateng. Dalam video media sosial Facebook terekam berdurasi 22 Detik yang diunggah oleh akun Syamsidar Puepedo seekor buaya itu memperlihatkan dirinya, Jumat (16/12/2022). 

Video yang diunggah di Facebook tersebut memperlihatkan buaya itu sedang meneduh dipinggir bantaran Sungai Salubarana. Sementara warga setempat yang merekam kemunculannya dari atas jembatan yang menghubungkan Desa Lara dan Kelurahan Sampoang jalan nasional antar Provinsi Sulbar dan Sulteng. 

Dari penuturan warga, Buaya berukuran sekira 5 Meter dibantaran sungai ini sering muncul, pasalnya  disepanjang Sungai Salubarana ini terletak dibelakang rumah warga sekira 400 hingga 500 Meter.  Kemunculannya kerap dilihat warga sekitar. 

"Astaga kenapa setiap musim itu selalu kelihatan di sungai," kata Dhika Muliana Arby mengomentari video itu. 

Diduga habitat tersebut buaya muara, yang berpindah tempat dari muara sungai Anggaleha ke bantaran sungai Salubarana. Kemunculannya wajib diantisipasi, terutama bagi anak-anak yang gemar mandi disungai yang merupakan daerah jelajah muaya muara itu. Sisi lain, Desa Lara ini rawan Banjir, diwaspadai akan naik kedaratan dan bersembunyi di parit-parit warga. 

Editor : Adriansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut