get app
inews
Aa Read Next : Kejaksaan Tahan Terdakwa Kasus Korupsi Peremajaan Sawit Rakyat di Pasangkayu

Hakim Vonis Bebas Terdakwa Korupsi Program PSR Pasangkayu

Sabtu, 21 Januari 2023 | 07:07 WIB
header img
M. Hasbi Abdullah, Hendra Firmansyah, Irpan, Ratna Kahali, penasehat hukum terdakwa. Foto: Istimewa

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Terdakwa Kasus dugaan korupsi program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat di vonis bebas oleh Pengadilan Negeri Tipikor Mamuju

Pengadilan Tipikor Mamuju telah menjatuhkan putusan terhadap kasus dugaan korupsi program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat dengan perkara nomor: 19/Pid.Sis/Tpk/2022/PN Mam dan nomor: 20/Pid.Sis/Tpk/2022/PN Mam. Dimana kasus ini mendudukkan terdakwa Asbir selaku Ketua Koperasi Syariah BMT Bukit Harapan sekaligus sebagai Direktur CV Bukit Harapan, dan Sahabuddin selaku Ketua Pengelola Koperasi Syariah BMT Bukit Harapan Cabang Lilimori. 

M. Hasbi Abdullah selaku Penasehat Hukum  Sahabuddin dan Asbir menjelaskan dalam amar putusan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Mamuju yang dipimpin oleh Budiansyah pada pokoknya menyatakan bahwa kedua terdakwa yaitu Asbir dan Sahabuddin tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan sebagaimana yang didakwakan. Untuk itu, kedua terdakwa harus segera dibebaskan dan dipulihkan hargat dan martabatnya. 

Lebih lanjut, dalam pertimbangannya, Majelis Hakim menyatakan bahwa 126 pekebun penerima dana PSR Kabupaten Pasangkayu berhak menerima bantuan, karena telah memenuhi syarat dan tergabung dalam Koperasi Syariah BMT Bukit Harapan yang bisa dibuktikan dengan adanya bukti formulir pendaftaran para pekebun. Di sisi lain, Koperasi Syariah BMT Bukit Harapan dinyatakan berhak mengelola dana PSR di Pasangkayu karena telah memenuhi syarat kelembagaan sebagaimana ditentukan dalam Surat Keputusan Dirjen Perkebunan Nomor 29/KPPS/KB.120/3/2017. 

"Keuntungan yang diperoleh Sdr. Asbir (Direktur CV Bukit Harapan) dalam menjual bibit sawit kepada Koperasi Syariah BMT Bukit Harapan, oleh Majelis Hakim dinyatakan sah dan wajar, karena harga bibit sebesar Rp38.000 perpohon telah mengacu pada harga yang telah ditentukan oleh Dirjen Perkebunan dan berlaku secara nasional," jelas Hasbi Abdullah dalam rilisnya. Jumat (20/01/2023) 

"Majelis Hakim juga menyatakan bahwa usulan bantuan dana program PSR oleh Koperasi Syariah BMT Bukit Harapan di Kabupaten Pasangkayu telah dilakukan verifikasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Pasangkayu, Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Barat dan Dirjen Perkebunan. Dan hasil verifikasi tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat untuk menerima bantuan dana PSR," lanjutnya. 

Diterangkan Penasehat Hukum terdakwa, bahwa kerugian negara yang didakwakan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan. 

"Sedangkan kerugian negara sebesar Rp. 8.625.292.500,- yang didakwakan kepada Asbir dan Sahabuddin, oleh Majelis Hakim dinyatakan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan. Karena Penyidik tidak pernah meminta kepada lembaga yang berwenang untuk melakukan audit dalam perkara ini, yaitu: BPK. BPKP dan auditor independen. Ditambah lagi dalam fakta persidangan, Ahli yang dihadirkan oleh Penuntut Umum tidak memiliki kapabilitas untuk menghitung kerugian negara. Ahli tersebut memberikan penilaian kerugian negara hanya berdasarkan cerita kronologi dari Penyidik Kejaksaan Tinggi Sulbar namun tidak mempelajari dokumen – dokumen terkait program PSR. Sehingga Mejelis Hakim tidak memiliki landasan konstitusional untuk menilai adanya kerugian negara dalam perkara ini," terang Hasbi Abdullah. 

"Putusan ini memberikan pesan bahwa betapa pentingnya hasil audit dari lembaga yang berwenang sebagai landasan bagi penegak hukum (Penyidik, Penuntut Umum, Advokat, dan Hakim) untuk menilai adanya kerugian negara dan menentukan besaran kerugian negara. Dan putusan ini juga membuktikan bahwa proses penyidikan dan penuntutan perkara ini dilakukan secara tidak profesional, karena tidak dilakukan audit," sambungnya. 

Penasehat Hukum kedua Terdakwa mengapresiasi Putusan Majelis Hakim. Hasbi Abdullah mengungkapkan bahwa putusan tersebut telah memberikan keadilan bagi kedua terdakwa khususnya, dan kepada semua masyarakat, pekebun sawit yang membutuhkan peremajaan kebun sawit di Kabupaten Pasangkayu. Dimana Majelis Hakim telah memberikan pertimbangan hukum berdasarkan nilai – nilai hukum dan rasa keadilan yang hidup dalam masyarakat, sesuai amanat Pasal 5 ayat (1) UU Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman. 

"Putusan ini merupakan kabar baik bagi pekebun sawit serta para stakeholder terkait program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Karena telah membuat terang melebihi cahaya terhadap syarat - syarat, kriteria, mekanisme, dan aturan main dalam pelaksanaan program PSR. Semoga kedepan, para pihak khususnya kelompok tani, gapoktan, koperasi atau lembaga pekebun lain, serta pekebun sawit tidak lagi dibayangi ketakutan untuk mengusulkan bantuan dana program PSR ini. Dengan demikian, pelaksanaan program PSR akan berjalan maksimal untuk mencapai tujuannya yaitu, mensejahterakan pekebun sawit melalui peningkatan produktifitas kebun sawit masyarakat. Dimana pogram ini merupakan program pemulihan ekonomi nasional," ungkapnya. 

Sebelumnya, Penuntut Umum, Kejaksaan Negeri Pasangkayu telah mendakwa Asbir dan Sahabuddin masing - masing dengan dakwaan Subsidair, yakni: Primair dengan Pasal 2 Ayat (1) Jo. Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU TPK) Jo. Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana. Dan Subsidari dengan Pasal 3 Jo. Pasal 18 UU TPK Jo. Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana. 

Kemudian, Penuntut Umum mengajukan tuntutan kepada Asbir dan Sahabuddin masing - masing selama 5 tahun 6 bulan, denda sebesar Rp. 100.000.000,-membayar uang pengganti sebesar Rp. 2.165.065.572,- subsidair 1 tahun 6 bulan.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut