get app
inews
Aa
Read Next : Presiden Jokowi Tinjau Pasar Tumpah Mamasa, Cek Harga dan Infrastruktur Pasar

Berikut ini 7 Masjid di Eropa Memiliki Nilai Sejarah Berkaitan dengan Muslim

Sabtu, 21 Januari 2023 | 13:35 WIB
header img
Masjid Sultan Ahmed Mosque.

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Berikut ini 7 Masjid di Eropa yang dikenal cantik karena memiliki arsitektur yang indah. Tak hanya itu, sebagian dari Masjid itu memiliki nilai sejarah berkaitan dengan muslim di Eropa.

Bagi umat Islam, Masjid tidak hanya digunakan untuk shalat saja, namun juga diperuntukkan untuk kegiatan lainnya yang tentunya berkaitan dengan Islam.

Sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, ini 7 Masjid di Eropa yang terkenal indah:

1. Centro Islamico Culturale d’Italia Grande Moschea

Bila ke negara Italia jangan lupa berkunjung kesini. Namanya, Centro Islamico Culturale d’Italia Grande Moschea. Masjid ini menjadi pusat kebudayaan Islam di Italia dengan arsitektur berbentuk gaya Romawi Kuno

Negara dengan mayoritas penduduk beragama Katholik ini ternyata terdapat masjid yang megah. Meskipun, selama ini Italia terkenal dengan Colosseum sebagai salah satu banguna bersejarahnya.


2. Islamisches Zentrum Wien

Masjid yang satu ini didesain perpaduan Timur Tengah dan Eropa dengan menara setinggi 32 menter. Masjid tiga laintai ini mampu menampung kurang lebih sebanyak 2000 jamaah.

Islamisches Zentrum Wien ini berada Austria, selain bangunannya yang megah, Masjid ini jadi Islamic atau studi keIslaman Center di negara tersebut.

3. Cologne Central Mosque

Jerman dikenal melahirkan ilmuan, teknologi, hingga terkenal karena prestasi di bidang olahraga. Negara ini juga dikenal dengan negara yang memengaruhi keadaan perekonomian/bursa saham dunia.

Meski begitu, ternyata Jerman juga punya masjid dengan bangunan futuristik. Sebagian besar bangunan dari bahan kaca, bentuk kubahnya sangat modern dan mampu menampung 10.000 jamaah.

4. London Central Mosque

London merupakan salah satu kota metropolitan di Eropa. Dikenal dengan bangunan-bangunan uniknya. Namun di balik itu ada Masjid yang khusu dibangun oleh pemerintah setempat, sebagai tanda terima kasih kepada umat Islam yang telah membantu pasukan inggris di perang dunia 2.

Namanya, London Central Mosque berlokasi di Regent’s Park atau berada di sekitar kawasan elit di sana. Masjid ini menjadi tempat persinggahan umat Islam di kota tersebut.

Saat ini London Central Mosque menjadi pusat kegiatan keislaman, menjadi pusat layanan tentang keislaman dan disana terdapat perpustakaan.

5. Moscow Cathedral Mosque

Moscow Cathedral Mosque adalah sebuah masjid utama di Moskwa. Masjid ini megah dan memiliki berbagai fasilitas pendidikan Islam, perpustakaan serta bangunan modern seperti lift untuk kaum disabilitas. Berlokasi di Moscow, Ibukota Rusia.

Letaknya ada di sebelah stadion Olimpiade bernama Katedral. Hal ini lantaran masyarakat Moskow yang mayoritas Kristen ortodox menyebut tempat ibadah mereka Katedral.

6. Sultan Ahmed Mosque

Sultan Ahmed Mosque, dikenal juga dengan nama Masjid Biru berlokasi di Istanbul, Turki. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang begitu terkenal di Eropa.

Masjid ini dibangun atas perintah Sultan Ahmed I antara tahun 1609 dan 1616, yang kemudian menjadi nama masjid tersebut. Masjid ini bersejarah bagi kekaisaran era Ottoman.

Dikenal dengan nama Masjid Biru karena warna cat interiornya didominasi warna biru meskipun sekarang, interior masjid ini tidak terlihat berwarna biru. Cat dihilangkan karena bukan merupakan bagian dari dekor asli masjid.

7. Grande Mosquée de Paris

Berikutnya, Grande Mosquée de Paris. Selain menjadi Islamic centernya Kota Paris, di sekitar masjid ini terdapat sejumlah restoran yang menyajikan menu hidangan halal. Misalnya nasi khas Maroko yang disajikan dengan teh panas rasa mint.

Berlokasi di kawasan Arondisemenre, Paris, Prancis. Karena dulu masyarakat muslim disana, pernah membantu untuk melawan pasukan Jerman pada Perang Dunia I. Masjid ini dibangun oleh pemerintah setempat, sebagai bentuk apresiasi kepada umat muslim di negara tersebut.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Berita iNews Mamuju di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut