get app
inews
Aa Read Next : Banjir Parah Rendam Desa Bambu Mamuju, Warga Mengungsi

Sambut Ramadhan, Ratusan Remaja Masjid Salukaha' Kalukku Gelar Pawai Obor

Rabu, 22 Maret 2023 | 22:28 WIB
header img
Pawai obor sambut ramadhan. Foto: Gemic

MAMUJU, iNewsMamuju.id  – Ratusan remaja Mesjid menggelar pawai obor di Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Pawai obor tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H / 2023 M.

Terpantau, tampak umat Islam yang terdiri dari Pemuda - pemudi, dan anak-anak dari masyarakat Dusun Salukaha', sudah berkumpul. Selasa (21/3/2023).

Terlihat barisan warga membentang hampir memenuhi panjang jalan tersebut dan membuat jalan padat.

Salah seorang warga Salukaha', Sunarto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan masyarakat Salukaha' dalam rangka menyambut bulan puasa dengan cara pawai menggunakan obor dan mengelilingi kampung.

“Ini sudah menjadi tradisi tahunan, pawai jalan kaki membawa obor oleh remaja Masjid,” tutur Sunarto.

Semarak cahaya dari bilah-bilah bambu menerangi suasana. Peserta terdiri dari laki-laki maupun perempuan, berjalan kaki membawa obor sambil bersholawat dan melantunkan lagu Marhaban Ya Ramadhan.

Masyarakat , terpukau dengan arak-arakan lautan manusia yang bernyalakan api obor.

Dengan adanya pawai obor ini, lanjut Sunarto, bisa memberitahukan kepada Masyarakat Salukaha', Desa Sondoang untuk bersiap diri menghadapi bulan suci. Tentunya dengan kesiapan jasmani dan rohani.

Menurutnya, kegiatan seperti ini merupakan bagian dari melestarikan tradisi yang sudah berjalan, tapi tidak lain tujuannya adalah untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa kita ini mau masuk ke bulan puasa, maka harus mempersiapkan diri,” tandasnya.

“Para remaja Masjid sangat antusias, kita berharap masyarakat juga bisa berpartisipasi dalam bulan puasa dan melaksanakan ibadah puasa penuh satu bulan demi ridho Allah SWT,” kuncinya

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut