get app
inews
Aa Read Next : Diatensi Menkes RI, Ketua PD Bhayangkari Sulbar Fokus Penanganan Stunting 

PD Bhayangkari Sulbar Peringati Hari Pahlawan, Nyanyikan Lagi Gugur Bunga Ciptaan Ismail Marzuki

Jum'at, 10 November 2023 | 15:10 WIB
header img
PD Bhayangkari Sulbar Peringati Hari Jadi Pahlawan 10 November. Foto: iNewsMamuju.id/Fathir

MAMUJU, iNewsMamuju.id -- Peringatan hari Pahlawan 10 November tahun 2023, juga turut dilakukan para Pengurus daerah (PD) Bhayangkari Sulawesi Barat. Salah satunya dengan kompak menyanyikan lagu Gugur Bunga Ciptaan Ismail Marzuki, menyambut hari jadi Pahlawan 10 November 2023 tepat di hari Jumat.

Ketua PD Bhayangkari Sulbar Ny Miranti Adang sendiri menyebutkan, Kemerdekaan yang kini dirasakan oleh masyarakat Indonesia tentu tidak terlepas dari jasa para pahlawan. Itu sebabnya, sebagai bentuk penghormatan kepada mereka, tanggal 10 November pun ditetapkan sebagai peringatan tahunan Hari Pahlawan.

"Hari Pahlawan diperingati untuk menghormati kontribusi besar para pahlawan dalam memperjuangkan dan mempertahankan nilai-nilai serta identitas bangsa," Kata Miranti Adang.

Miranti juga menyebutkan, Hari Pahlawan diharapkan mampu menginspirasi generasi muda untuk mengadopsi dan mengaplikasikan semangat para pahlawan yang telah gugur dalam kehidupan di masa kini maupun masa depan.

"Ini sejalan dengan tema yang diusung pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini. Pemerintah telah menetapkan bahwa tema besar Hari Pahlawan 2023 adalah "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan"," Ujar Miranti.

Masih kata Miranti, Makna dari peringatan Hari Pahlawan adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan di masa lalu yang berkorban demi kemerdekaan Indonesia. Hari Pahlawan diharapkan dapat membuat generasi muda mengamalkan nilai-nilai kepahlawanan untuk mengisi kemerdekaan.

"Artinya, setiap insan sebagai masyarakat Indonesia diharapkan memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesinya masing-masing," Ucapnya.

Selain itu, Lanjutnya, makna peringatan Hari Pahlawan juga untuk membangun kesadaran masyarakat agar meneladani dan mengimplementasi nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

"Hari Pahlawan juga bertujuan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa yang dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan. Makna lainnya adalah untuk meningkatkan rasa cinta dan bangga generasi muda sebagai bangsa Indonesia," Pungkasnya.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut