get app
inews
Aa Read Next : Lokakarya 7, Asmuddin : Jangan Hanya Dijadikan Euforia

Calon Guru Penggerak Majene Diharapkan Tetap Jaga Kesehatan

Minggu, 17 Maret 2024 | 12:05 WIB
header img
Para Calon Guru Penggerak berkumpul di Aula Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Majene. Foto: iNewsMamuju.id/Busriadi

MAJENE, iNewsMamuju.id — Para Calon Guru Penggerak (CGP) Kabupaten Majene, Sulawesi Barat kembali berkumpul di Aula Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Majene, Sabtu 16 Maret 2024.

Kehadiran mereka untuk mengikuti rangkaian Pendampingan Kelompok dalam Lokakarya yang ke 5. Selain dihadiri 19 CGP dari Majene, juga dihadiri langsung Balai Guru Penggerak (BGP) Sulbar, Jasman Rauf dan Andi Uni. Kemudian turut hadir dari Pengajar Praktik (PP) seperti  Saharuddin, Jamaluddin, Hasni, dan Nurdina, serta pihak Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Majene Mutmainnah. 

Kegiatan Lokakarya ke 5 mengusung tema ‘Kolaborasi dalam Pengembangan Program yang Berpihak pada Murid’. Seperti biasa, sesi pertama diawali dengan pembukaan, penyampaian tujuan, ice breaking, dilanjut kesepakatan kelas. Sesi kedua diskusi refleksi tentang alur Bagja.

“Kemudian sesi ketiga masuk refleksi diskusi membahas program-program yang dilakukan CGP dengan mengikuti alur Bagja dan masuk gali mimpi,” kata Husni Pengajar Praktik.

Di tahap ini, lanjut Husni, para Calon Guru Penggerak saling berdiskusi memberikan masukan dari kegiatan mereka, tentang hal-hal yang dianggap baik maupun yang masih perlu ditambahkan.

“Setelah itu, di aktivitas terakhir CGP diminta kembali melakukan refleksi menyusun program mungkin belum lengkap tapi CGP diajak membuat judul programnya, latar belakangnya dan CGP kemudian berdiskusi untuk saling melengkapi tentang program yang telah dibuat,” jelas Husni.

Di akhir kegiatan, para Calon Guru Penggerak merefleksikan perasaannya terkait kegiatan yang telah berlangsung sejak pagi hingga sore. Serta bagaimana program tersebut dikembangkan di satuan pendidikannya masing-masing.

Ia berpesan, kepada Calon Guru Penggerak, tetap menyelesaikan tugas yang dianggap belum selesai. Selain itu, para CGP tetap memantau LMS, dan tentunya tetap semangat dalam mengikuti Program Calon Penggerak khususnya di Angkatan 9 ini.

“CGP juga diharapkan tetap menjaga kesehatan dan semangat karena ini sisa 2 kali lagi. Pendampingan dan Lokakarya. Semoga semuanya tetap semangat dan sehat,” pinta Husni.

Karmila, salah satu peserta CGP menyampaikan bahwa kegiatan loka karya sungguh luar biasa dan memberikan pengalaman yang begitu berharga bagi semua peserta. Katanya, dari awal hingga akhir kegiatan tersebut dirancang dengan baik dan dilaksanakan dengan penuh dedikasi serta antusiasme. 

“Saya sangat terkesan dengan beragam aktivitas yang diselenggarakan, karena mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan interaktif,” katanya.

Yang lebih penting, lanjut Karmila, kegiatan tersebut memberikan kesempatan bagi peserta untuk belajar dan tumbuh. Bukan hanya dalam hal pengetahuan, tetapi juga dalam hal keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kerjasama tim. Interaksi yang terjalin antara peserta juga sangat memperkaya pengalaman, karena memungkinkan pertukaran gagasan dan pandangan yang berbeda.

“Saya yakin bahwa setiap peserta akan membawa pulang banyak pelajaran dan kenangan berharga dari kegiatan ini, yang akan membantu CGP merancang program program secara sistematis dan terarah sehingga mampu memberikan dampak positif pada murid dan komunitas,” pungkas Karmila.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Berita iNews Mamuju di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut