get app
inews
Aa Read Next : Pj Bahtiar Singgung Jadwal Penerbangan di Tampa Padang, Pihak Bandara: Slot Time Sudah Ada

Ini 8 Program Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin di Sulbar

Kamis, 23 Mei 2024 | 09:02 WIB
header img
Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin mengaku berkomitmen fokus memajukan Sulbar. 8 program prioritas yang akan dijalankan selama menjabat sebagai kepala pemerintahan di Sulbar. 

Program yang pertama ialah, Mengawal Pilkada Serentak 2024. 

“Bagaimana mensukseskan tahapan pilkada karena ini agenda nasional,” kata Bahtiar seperti keterangan resminya. Kamis (23/5/2024). 

Dia berencana segera melakukan pertemuan dengan Forkopimda dan instansi lainya untuk membahas kesiapan tahapan Pilkada. 

“Ini untuk memastikan tahapan siap termasuk uangnya. Nanti saya cek Ini, kegiatan lain bisa ditunda tetapi yang tidak bisa ditunda tunda,” kata Bahtiar.  

Kedua penanganan gizi buruk, stunting dan kemiskinan ekstrem

Menurut Bahtiar, penanganan stunting di Sulbar cukup baik dengan angka Stunting saat ini 30 persen. Tetapi perlu terus ditingkatkan agar dapat mendekati target nasional 14 persen.

Ketiga pengendalian inflasi

Bahtiar menjelaskan, penanganan inflasi di Sulbar termasuk contoh dalam penanganan inflasi di Indonesia dan kedepan perlu terus ditingkatkan. Terutama berkaitan dengan kebutuhan 21 bahan pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat. 

“Tidak ada 1 kabupaten mampu menyediakan 21 itu secara lengkap. Jadi memang dibutuhkan leadership,” kata Bahtiar.  

Keempat mendorong investasi

Mengenai investasi PJ Gubernur Bahtiar bakal mendorong sistem dalam mempercepat atau menjemput investasi masuk ke Sulbar. Peluang Sulbar sebagai wilayah yang memiliki akses strategis dengan Ibu Kota Nusantara (IKN)

“Perlu pembenahan pelabuhan, bandara, agar transaksi ekonomi berjalan dan sumber pertumbuhan ekonomi kita merata di setiap kabupaten,” ungkapnya. 

Kelima kedaulatan dan ketahanan pangan

Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar melihat Sulbar perlu mendorong kedaulatan pangan agar kedepan dapat lebih mandiri dan menjadi pendapatan bagi daerah. 

“Ketahanan Pangan. Konsepnya saya bukan sekedar tahan. Tetapi daulat pangan. Artinya mandiri kita bisa produksi sendiri dan bisa menjadi penghasilan,” pungkasnya. 

Kemudian ke enam, Stabilitas Politik, Keamanan dan Ketertiban. 

Bahtiar berkomitmen menjaga stabilitas politik keamanan dan ketertiban di daerah. Kuncinya adalah sinergi dengan seluruh pihak. Hal ini perlu dilakukan agar banyak tertarik ingin berinvestasi di Sulbar. 

“Syarat utama sebuah daerah harus aman dan sinergitas paling penting antara pusat daerah, dan lainnya,” kata Bahtiar. 

 Ketujuh, Kolaborasi Program Nasional dan Daerah. 

Hal ini perlu dilakukan agar program nasional dapat menyentuh hingga ke Provinsi Sulbar termasuk mengawal setiap program nasional di Sulbar. Salah satunya bagaimana Sulbar menjadi penopang utama IKN sebab daerah ini sangat terdekat dengan IKN. 

Yang terakhir kedelapan, Bangun Kolaborasi Pemda dan Masyarakat

Terakhir adalah membangun kolaborasi antara enam kabupaten di Sulbar, Forkopimda dan setiap lapisan masyarakat. Sehingga agenda-agenda pembangunan dapat dikerjakan secara fokus dan sesuai harapan masyarakat. 

“Saya akan optimalkan kebersamaan kabupaten dan Forkopimda Sulbar supaya kita fokus untuk bekerja, agar tidak ada sekat yang menghambat pembangunan di daerah,” ungkapnya.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut