get app
inews
Aa Read Next : Kian Mesra, Koalisi Gelora-Golkar Kian Dekat?

Setelah Sukun, Kini Pisang Celavendish Siap di Kembangkan di Sulbar Pj Bahtiar Boyong OPD ke Bone

Sabtu, 25 Mei 2024 | 14:58 WIB
header img
Sejumlah OPd lingkup Pemprov Sulbar saat menyambangi lokasi budidaya pisang di kabupaten Bone.Foto: Dok Humas

BONE, iNewsMamuju.id — Mengisi akhir pekan ini , sejumlah OPD Pemprov Sulawesi Barat mendatangi sentra pembibitan Pisang Cavendish di Kecamatan Mare Kabupaten Bone.  Seperti diketahui saat ini terdapat sekitar 200 hektar lahan perkebunan pisang Cavendish di Kabupaten Bone yang perkembangannya telah berbuah sejak April 2024. 

Pada kunjungan OPD terkait ini  juga nampak hadir Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, Sekprov Sulbar Muhammad Idris serta Kepala Dinas terkait lainnya. Selain ke Sentra Pembibitan Pisang Cavendish mereka juga melihat langsung pembibitan Pisang Cavendish  dan Nanas Madu

Tepatnya di Kampung Batu Gading Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (25/05/2024).

Pj Gubernur Sulbar Bahtiar mengajak aparat pemerintahannya untuk melihat komoditi pisang yang kelak dapat  menjadi potensi untuk dikembangkan di Sulbar. Apalagi pasarnya sudah jelas dan Sulbar termasuk salah satu daerah penghasil pisang di Indonesia. 

"Lidahnya orang Indonesia tu adalah pisang. Kedua pepaya, ketiga jeruk, keempat Mangga. Masalahnya barangnya terbatas. Pisang di Indonesia dari Aceh-Papua baru bisa terpenuhi 35 persen dan  65 negara minta pisang.
Paling laris dan mahal itu pisang Cavendish.  Di Indomaret itu kita dapat membelinya seharga 27 ribu per 3 biji," kata Bahtiar. 

Maka dari itulah,  Bahtiar mengajak Pemprov Sulbar untuk mempelajari dan melihat langsung bagaimana proses pembibitan dan penanaman pisang Cavendish di Kabupaten Bone, yang pernah dirintisnya saat menjabat sebagai Pj Gubernur Sulawesi-Selatan. Saat ini pohon  pisang tersebut  telah berbuah dan rencananya akan panen perdana pada bulan Juli 2024. 
Di Sulawesi Selatan sendiri telah terbentuk ekosistem bisnis pisang cavendish yang telah dirintis oleh Bahtiar Baharuddin. Untuk pemasarannya, Pemprov Sulsel telah melakukan MOU dengan perusahaan raja buah Great Giant Foods (GGF) pada Marer 2024. 

Sebelumnya  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama PT Yas Exports International (YEI) juga telah  melakukan penandatanganan kerja sama (memorandum of understanding/MoU) tentang pembelian hasil budidaya pisang cavendish di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (27/11/2023). Ekosistem tersebut dirintis oleh Pj Bahtiar Baharuddin. 

Sementara itu Sekprov Sulbar Muhammad Idris berterima kasih atas fasilitasi Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar yang telah membuka peluang ekonomi bagi Sulawes Barat. 

"Kita akhirnya mendapatkan pembelajaran langsung di tempat pengelolaan pisang," kata Idris. 

Dari studi ke Bone ini, menurutnya memang perlu membangun ekosistem yang baik dari pengelolaan pisang dan berharap agar Pj Gubernur Sulbar Bahtiar kembali merintis di Sulawesi Barat khususnya di Kabupaten Majene. Sebab salah satu hasil pertanian di Sulbar adalah jenis tanaman pisang. 

"Kedua bagaimana. Keterlibatan pimpinan didalam mendorong supaya masyarakat bisa menjadi bagian yang ikut terlibat dalam industri pengelolaan pisang,"  jelas Idris . 

Idris pun berkomitmen akan menjemput peluang budidaya pisang di Sulbar, apalagi tanah di Sulbar memiliki Ph yang lebih baik sehingga akan lebih berpotensi. Untuk itu pekan depan akan mulai bergerak melakukan pemetaan lokasi yang cocok untuk pengelolaan pisang. 

"Terima kasih gubernur Sulbar atas pembelajaran manfaatnya luar biasa," pungkasnya.

Editor : A. Rudi Fathir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut