get app
inews
Aa Read Next : Banjir Parah Rendam Desa Bambu Mamuju, Warga Mengungsi

Kisah Inspiratif Anak Mamuju Made Emilia Cahyati, Tembus Kuliah di UGM Gratis Sampai Wisuda

Selasa, 23 Juli 2024 | 10:45 WIB
header img
Kisah Inspiratif Made Emilia Cahyati (18), gadis asal Desa Tommo 1, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, menorehkan prestasi. Foto: UGM

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Kisah Inspiratif Made Emilia Cahyati (18), gadis asal Desa Tommo 1, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, menorehkan prestasi. Di tengah keterbatasan sebagai anak petani transmigran, dia berhasil menggapai mimpinya untuk menempuh pendidikan tinggi di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Emilia diterima di Prodi Ilmu dan Industri Peternakan, Fakultas Peternakan UGM melalui Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Prestasi ini menjadi bukti kegigihan dan semangatnya yang pantang menyerah dalam meraih pendidikan terbaik, meskipun berasal dari daerah pelosok.

Perjalanan Emilia untuk mencapai mimpinya tidaklah mudah. Dia harus menempuh perjalanan panjang dan menantang dari desanya yang terpencil untuk mengikuti tes SNBP di Makassar.

Keberhasilan Emilia tak berhenti di situ. Dia juga mendapatkan beasiswa UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi sebesar 100 persen atau biaya kuliah gratis dari UGM sampai lulus.

Meskipun awalnya ragu karena belum ada alumni SMA 1 Pangale yang diterima di UGM, Emilia yakin dengan kemampuannya.

Ketertarikannya pada matematika dan sastra mendorongnya mengikuti berbagai perlombaan dan sering berhasil menjadi juara. Prestasinya antara lain: Juara 1 bidang matematika pada Lomba Olimpiade Sains Nasional Tingkat Mamuju (April 2023).

Lalu, Juara 1 bidang lomba menulis cerpen pada Festival Lomba Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMA tingkat Kabupaten Mamuju Tengah; Lolos Lomba Utsawa Dharmagita Agama Hindu tahun 2021 (kategori remaja); Lolos Lomba Utsawa Dharmagita Agama Hindu tahun 2024 (di Solo, Jawa Tengah):

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut