get app
inews
Aa Read Next : Lepas Atlet Asal Mamuju ke PON XXI Aceh-Sumut 2024, Sutinah: Torehkan Hasil Terbaik

Keren, Pemkab Mamuju Kembali Raih Penghargaan UHC Awards

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 14:39 WIB
header img
Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi menerima penghargaan atas komitmen menghadirkan layanan kesehatan gratis. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Pemerintah Kabupaten Mamuju untuk kedua kalinya kembali menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

penghargaan itu diberikan atas komitmen menghadirkan layanan kesehatan yang adil, bermutu dan tanpa hambatan finansial bagi masyarakat. 

Bupati Mamuju, Dr.Hj.Sitti Sutinah Suhardi, turut menerima UHC Award yang digelar di The Krakatau Grand Ballroom TMII Jakarta.

Sutinah mengaku bangga telah mampu mempertahankan komitmen untuk menghadirkan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat mamuju.

"Ini tentu akan menjadi motivasi bagi kita untuk selalu berupaya memberikan layanan dasar dan sangat dibutuhkan masyarakat, meskipun komitmen ini kita lakukan ditengah keterbatasan finansial kita, namun saya ingin memastikan masyarakat mamuju bisa terjamin layanan kesehatannya, tanpa harus takut tidak mampu membayar kalau masuk Rumah Sakit atau Puskesmas," ungkap Sutinah.

Melalui Dinas Sosial Kabupaten Mamuju, saat ini pemerintah yang melaksanakan visi Mamuju Keren, kembali mampu mengakomodasi hingga 98 persen masyarakat untuk mendapatkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui kepesertaan BPJS kesehatan. Persentase ini setara dengan capaian nasional dan membawa Mamuju meraih UHC Award dengan kategori Madya.

Meski cenderung menjadi kebijakan yang kurang populis, dan tidak banyak mendapat perhatian publik,dikarenakan tidak serta merta dapat disaksikan secara langsung sebagaimana pembangunan jalan dan jembatan, namun kebijakan pada layanan dasar sektor kesehatan ini,telah di intervensi melalui alokasi anggaran dari APBD MAmuju rata-rata Rp.60 Milyar setiap tahunnya.

Sutinah mengatakan, kalau anggaran senilai ini dialokasikan untuk membangun jalan, tentu sudah banyak jalan yang bisa kita perbaiki, namun lagi-lagi saya tidak mau jalanan nanti bagus tapi masih banyak masyarakat yang sakit dan takut berobat, jual barang supaya bisa ke puskesmas,atau ibu hamil yang tidak bisa dirawat dan mengalami kematian hanya gara-gara tidak ada biaya. 

"Itulah sebabnya, kita terus berkomitmen untuk menghadirkan layanan kesehatan gratis ini sebagai salah satu program prioritas," pungkas Sutinah Suhardi.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut