get app
inews
Aa Read Next : Bahtiar Temui Pengusaha Perikanan di Kalukku, Komitmen Bantu Tingkatkan Produksi

Pj Bahtiar Ungkap Peningkatan Konektivitas Sulbar di Jalan Sehat Hari Perhubungan Nasional

Minggu, 15 September 2024 | 16:38 WIB
header img
Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin di dampingi Pj TP PKK Sulbar Sofha Marwah Bahtiar melepas peserta jalan sehat memperingati hari perhubungan nasional. Foto: Ist

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin menghadiri acara jalan sehat dalam rangka pekan keselamatan jalan 2024 yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan, Minggu (25/9/2024). 

Jalan sehat yang dilaksanakan di Jalan Yos Sudarso, Mamuju, Sulawesi Barat, menjadi acara puncak dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional ke-53 dan rangkaian Hari Jadi Sulawesi Barat ke-20. 

"Saya atas nama masyarakat dan seluruh penyelenggara negara di wilayah Sulbar mengucapkan selamat hari perhubungan nasional ke 53, terimakasih kepada jajaran perhubungan di tingkat nasional maupun di daerah seluruh Indonesia yang selama ini memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia, khususnya perhubungan darat, laut maupun udara," ucap Bahtiar. 

Kata Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu, meski memiliki tantangan yang cukup besar dalam menjalankan tugas di negara yang dikenal dengan ribuan pulau ini, pihak perhubungan mampu bekerja menyambungkan antara satu pulau dengan pulau lain.

"Ini tantangan besar memang mengelola negara Indonesia yang sangat luas dengan negara kepulauan. Jadi, bagaimana menyambungkan pulau-pulau itu dengan perhubungan laut, menyambungkan dengan perhubungan udara dan menyambungkan itu di dalam internal wilayah pulau-pulau itu sendiri. Memang tantangannya cukup besar, karena itu memerlukan biaya yang pasti sangat besar," ungkapnya.

Selain itu, Bahtiar menjelaskan, berbagai langkah strategis tengah dilakukan untuk meningkatkan konektivitas Sulbar ke Ibu Kota Nusantara (IKN) baik dari jalur laut maupun udara. Selain itu, konektivitas ke daerah-daerah lain di seluruh Indonesia terus pula dibangun untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Jadi, membangun konektivitas ekonomi antar pulau, termasuk yang sedang kita kerjakan adalah bagaimana Sulbar itu tumbuh bersama IKN. Artinya, jalur perhubungan laut dan perhubungan udara harus dipastikan tersambung, terkoneksi antar wilayah Sulbar dengan IKN, baik dari sisi perhubungan laut maupun udara. Maupun wilayah-wilayah sekitar, seperti Surabaya, Bali dan daerah sekitar IKN, maupun di internal pulau Sulawesi," jelasnya. 

Ia pun berharap, dimasa yang akan datang seluruh daerah di pulau Sulawesi dapat terkoneksi dengan baik melalui jalur darat, seperti yang ada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera saat ini. Baik itu pembangunan jalan tol, maupun pembangunan rel kereta api.

"Kita kebayang, suatu ketika di pulau Sulawesi ada kereta api. Kan belum pernah yah, menyambungkan seluruh pulau Sulawesi seperti pulau Jawa misalnya. Sekarang pulau Sumatera itu, tolnya sudah tersambung sampai ke Aceh. Kita terbayang nggak, suatu ketika ada tol dari Makassar sampai Manado melewati Sulawesi Barat. Ini tantangan yang harus memang dikerjakan dan selamat kawan-kawan perhubungan," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai BPTD Kelas III Sulbar, Febrianto Frengky Mbatu berharap, dukungan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulbar dapat menciptakan tatanan transportasi yang lebih baik di provinsi Sulbar kedepannya.

"Kegiatan ini merupakan salah satu acara puncak dari rangka acara hari perhubungan nasional dan ulang tahun provinsi Sulawesi Barat. Kesadaran masyarakat di sini sudah tinggal akan berlalulintas, kami berharap ini bisa dijaga dengan baik. Karena walaupun tidak diawasi atau tidak dilaksanakan penegakan hukum, tapi kita lihat berkendara disini sudah baik, sudah memenuhi faktor keselamatan, penggunaan helm dan lain sebagainya," tutupnya. 

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut