get app
inews
Aa Read Next : Kakanwil Kemenkumham Sulbar Dukung Pelaksanaan Bimtek UAKPA

Wujudkan Griya Abhipraya Mesa Ate, Bapas Polewali Gandeng 12 Instansi dan Organisasi

Kamis, 26 September 2024 | 13:46 WIB
header img
Griya Abhipraya Mesa Ate. Foto: Ist

POLMAN - Griya Abhipraya atau Rumah Harapan binaan Balai Pemasyarakatan Kelas II Polewali kini resmi dibuka.

Bertempat di gedung eks Kantor Kelurahan Manding, Kepala Bapas Polewali, Muhammad Basri didampingi para Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan atau POKMAS LIPAS membuka secara resmi kegiatan Griya Abhipraya. Rabu (25/9/2024). 

Mengambil asal kata dari Bahasa Mandar yang berarti Satu Hati, Griya Abhipraya binaan Bapas Polewali ini diberi nama "Griya Abhipraya Mesa Ate".

Muhammad Basri menyebut, sesuai dengan namanya, pembimbingan serta kegiatan sosial lainnya akan dilaksanakan dengan satu hati yaitu satu tujuan yang tulus sesuai dengan isi hati.

Ia juga menyampaikan bahwa ada 12 pihak yang siap menyukseskan Griya Abhipraya Mesa Ate itu, dimulai dari para Pokmas Lipas, Instansi Vertikal sampai Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar.

Dalam kesempatan itu, Pokmas Lipas dari Yayasan Peduli Kemanusiaan dihadiri oleh Dwi Haryono dan Dadang dari Pokmas Lipas PKBM Fajar Mulia sebagai Narasumber.

Program kegiatan yang akan dilaksanakan di lokasi Griya ABhipraya itu antara lain, Pembimbingan Kemandirian dan Kepribadian bagi klien pemasyarakatan, Rumah singgah bagi klien pemasyrarakatan dan program-program sosial lainnya.

Muhammad Basri menyampaikan "Griya Abhipraya merupakan langkah antisipasi yang dilakukan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk mempersiapkan diri dalam implementasi penerapan KUHP baru, di mana dalam undang-undang tersebut mengakomodir adanya pidana kerja sosial dan pidana pengawasan".

"Layanan dan program kolaborasi Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) dan Pemerintah Daerah yang ada di Griya Abhipraya menjadi kantong-kantong bagi pelaksanaan pidana alternatif yang nantinya dapat memudahkan Pembimbing Kemasyarakatan dalam memberikan rekomendasi kepada Aparat Penegak Hukum untuk pemberian putusan pidana alternatif". tambah Muhammad Basri.

Puluhan Klien pemasyarakatan yang hadir dan menyatakan siap untuk mengikuti program Griya Abhipraya Mesla Ate itu.

Ditempat terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Pamuji Raharja mendukung penuh upaya yang dilakukan oleh Bapas Polewali untuk mewujudkan amanah Menteri Hukum dan HAM terkait dengan pembentukan Griya Abhipara itu.

“Dengan ini, diharapkan dapat memberi dampak terhadap peningkatan kinerja di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulbar” tutup salah seorang Kakanwil unit wilayah di bawah kepemimpinan Menkumham, Supratman Andi Agtas itu.

Editor : Lukman Rahim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut