SDK Sampaikan 3 Hal Ini saat Bertemu Ratusan Petani

Ilu
Anggota Komisi IV DPR RI Suhardi Duka. Foto: Lukman Rahim

MAMUJU, iNewsMamuju.id - Anggota Komisi IV DPR RI Suhardi Duka mengajak para petani untuk terus mengembangkan sistem pertanian dan peternakan. Sebab, hal itu akan bermuara kepada kesejahteraan petani. 

Hal ini disampaikan SDK di hadapan ratusan petani saat kegiatan manajemen peternakan, fungsi pakan dan kesehatan ternak yang digelar di Hotel Srikandi, Kota Mamuju. Rabu (21/6/2023). 

Kegiatan yang digelar bersama Kementerian Pertanian ini memang merupakan bagian dari aspirasi SDK sebagai anggota DPR RI. Mitra dari komisi IV tempat politisi partai Demokrat ini sebagai perwakilan rakyat Sulawesi Barat. 

SDK mengatakan, kegiatan itu merupakan komitmen dirinya untuk terus meningkatkan kapasitas petani, karena menurutnya, sebagai seorang pemimpin harus mampu memastikan setidaknya tiga hal ini bisa terpenuhi bagi masyarakat. 

Pertama, ialah sumber pangan, karena ketersediaan pangan merupakan cerminan suatu daerah. "Kalau daerah itu tidak mampu menyiapkan pangannya, daerah itu tergantung dari pangan dari daerah lain, daerah itu bermasalah," kata SDK. 

Selanjutnya kata SDK, pemerintah harus memastikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. "Kalau ada pemerintah yang tidak memperhatikan kesehatan warganya, itu bukan pemerintah namanya," jelas SDK. 

Karena tugas pemerintah kata SDK memastikan jaminan sarana dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. 

Berikutnya, ialah pendidikan sebagai bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. "Tiga hal ini diperbaiki insya Allah masyarakatnya baik," jelas Ketua DPD Demokrat Sulbar ini. 

Dikesempatan itu SDK berharap, dengan pelatihan ini petani khususnya peternak bisa mendapatkan pengetahuan untuk meningkatkan penghasilan. 

Sementara itu, Kepala Balai Inseminasi Buatan Lembang, Tri Hasri berharap kegiatan itu memberikan manfaat bagi petani. 

Apalagi kata Tri Hasri, peternakan juga mampu menjadi bagian dari peningkatan produksi pertanian, pupuk yang dihasilkan dari hasil pertanian dapat membantu untuk menyuburkan tanaman petani. 

"Karena banyak limbah peternakan yang bisa digunakan untuk membantu pertanian dan ini akan mengefisiensi kalau dikelola dengan baik dan ini sudah banyak berjalan dimana peternakan diintegrasikan dengan pertanian dan hasilnya luar biasa," jelasnya. 

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network