Bawaslu Pasangkayu Gelar Apel Siaga, Harly Ajak Pengawas Fokus Perketat Pengawasan

Edison S
Ketua Bawaslu Pasangkayu Harlywood Suli Junior saat apel siaga. Foto: iNewsMamuju/Edison S

PASANGKAYU, iNewsMamuju.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulbar gelar apel siaga di lapangan merdeka Pasangkayu, Minggu (19/11/2023).

Apel tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan jajaran pengawas pemilu dalam mengawasi pelanggaran pada berbagai tahapan kampanye.

Ketua Bawaslu Pasangkayu Harlywood Suli Junior, mengungkapkan kegiatan ini berdasarkan arahan dari Bawaslu RI sesuai surat nomor 804/PP.00.00/K1/11/2023 tentang instruksi pelaksanaan apel siaga.

"Kegiatan ini terlaksana se-Indonesia untuk memastikan kesiapan jajaran pengawas," ungkapnya.

Dikesempatan itu, Harly menekankan pentingnya pengawasan yang humanis dengan prinsip Mentalitas, Amanah, Netral, sinergi, dan tematik (telinga dan mata tidak keliru). 

"Humanis itu rapih, mentalitas, amanah, netral, sinergi dan tematik," jelasnya.

Lebih jauh Harlywood mengatakan, seluruh pengawas Pemilu haruslah memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai dan memiliki fisik yang kuat demi terciptanya pengawasan yang maksimal dengan mengedepankan pengawasan yang humanis.

"Jangan sampai pengawas ditakuti orang dilapangan, kita harus humanis agar dapat diterima diseluruh kalangan masyarakat dan tetap mengutamakan pencegahan pelanggaran Pemilu dengan harapan pemilu di Pasangkayu terlaksana tanpa adanya pelanggaran," harapnya.

Harly juga memperingatkan para pengawas agar memperketat penegakan hukum, apalagi dalam mengawasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan perangkat daerah. Dia berharap agar pemilu di Pasangkayu dapat berjalan tanpa pelanggaran, dan masyarakat dapat merayakan pentas demokrasi ini dengan gembira.

"Lebih perketat pengawasan dalam lingkup perangkat daerah dan jangan pernah ada Panwaslu yang terlibat langsung dalam praktek kampanye dengan membantu salah satu calon peserta Pemilu," tegas Harly. 

Editor : Lukman Rahim

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network