Edukasi Masyarakat, Pengelola Wisata Pantai Landi Lakukan Pelepasan Tukik Bersama Masyarakat

Redaksi
Seorang anak ikut melepas penyu belimbing di Pantai Landi, perairan laut Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu (2/6/2024).

MAMUJU, iNewsMamuju.idPengelola wisata Pantai Landi Mamuju melakukan pelepasan 50 tukik penyu belimbing. Pelepasan itu dilakukan bersama masyarakat, komunitas Manakarra Snorkling, jurnalis dan konten kreator, Minggu (2/6/24).

Pemerhati Lingkungan Muh Imran mengatakan, pelepasan tukik ini merupakan berkah bagi masyarakat disekitar wisata Pantai Landi. Karena, dari 150 telur yang mereka tampung di penangkaran, 90 persen diantaranya dapat menetas dengan baik.

"Karena itu, kita mengajak masyarakat sekitar baik orang tua maupun anak-anak, beserta jurnalis dan konten kreator untuk melepaskan tukik ini dalam rangka melestarikan penyu dan alam," kata Muh Imran.

​​​​​Muh Imran menambahkan, pelepasan tukik ini juga dalam rangka menyukseskan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juli nanti. Dia juga menghimbau, agar masyakat yang menemukan telur penyu di pantai agar tidak mengambil untuk dikomsumsi atau dikomersilkan.

"Ada baiknya telur itu diambil untuk dipelihara hingga menetas, kemudian kita lepaskan lagi ke laut, sebagai bentuk kepedulian kita," ujar Muh Imran.

Muh Imran, menegaskan, penangkaran telur penyu ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sekitar khususnya pelestarian penyu.

"Ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap perkembangan penyu sehingga dapat terus terlestarikan khususnya di lingkungan kita ini di Pantai Landi," tegas Muh Imran.

Sedangkan, Awaluddin pengelola Wisata Pantai Landi mengatakan, pelepasan tukik ini akan terus dilakukan. Dia juga mengungkapkan, bagi pengunjung wisata Pantai Landi juga dapat melakukan pelepasan selama tukik masih tersedia.

Awal menambahkan, bagi masyarakat yang menemukan telur penyu namun tidak dapat merawatnya hingga menetar. Pengelola siwasat Pantai Landi siap membantu melakukan penampungan bahkan merelokasi telur penyu yang dimiliki atau ditemukan warga 

"Hal itu kita lakukan sebagai bentuk edukasi kepada pengunjung dan masyarakat. Dalam waktu dekat ini, kita akan melakukan pelepasan pada 5 Juni nanti, dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup bersama siswa dan perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup," tutup Awal.

Editor : Zuajie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network